KPU Karangasem Butuh 6500 Orang Petugas KPPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem membutuhkan setidak 6500 orang petugas KPPS yang bertugas di 950 TPS se-Kabupaten Karangasem
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem membutuhkan setidak 6500 orang petugas KPPS yang bertugas di 950 TPS se-Kabupaten Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di Kabupaten Karangasem, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem membutuhkan setidak 6500 orang petugas KPPS yang bertugas di 950 TPS se-Kabupaten Karangasem.

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Wedana, bahwa sebagian besar anggaran KPU Karangasem untuk alokasi pembayaran honor seluruh petugas haedhok. Dimana masing – masing petugas KPPS akan mendapatkan honor sebanyak Rp. 500 ribu perorangnya.

“Untuk petugas KPPS Rp. 500 ribu termasuk Linmas. Sementara Ketua KPPS Rp. 550 ribu,” jelas Krisna kepada media ini pada Selasa (22/10/2019).

Jumlah Rp. 500 ribu ini sudah inklud selama penyelenggaraan pemilu mulai dari pemasangan dan penempelan daftar pemilih, penyebaran C6, pembangunan TPS hingga proses pencoblosan dan penghitungan hasil rekapitulasi perolehan suara.

Sementara menurut Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Ni Putu Desi Natalia, tahapan perekrutan petugas KPPS ini akan dilakukan satu bulan sebelum pemungutan suara itu dilaksanakan sekitar bulan Agustus tahun 2020 mendatang.

“Perekrutanya dilakukan satu bulan sebelum pemungutan suara, Adapun syarat bagi masyarakat yang ingin mendaftar untuk menjadi anggota KPPS yaitu minimal berpendidkan SMA atau sederajat,” kata Desi Natalia. (Rls/bpn/tim)