Selasa, Juli 16, 2024
BerandaKarangasemKPU Karangasem Nyatakan Berkas Dukungan Calon Perseorangan Lolos Verifikasi Administrasi

KPU Karangasem Nyatakan Berkas Dukungan Calon Perseorangan Lolos Verifikasi Administrasi

KARANGASEM, balipuspanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem menyatakan berkas dukungan yang diserahkan bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya lolos tahap verifikasi administrasi.

Dari seluruh persyaratan dukungan perseorangan yang telah diserahkan sebelumnya, sebanyak 34.876 berkas dukungan dinyatakan memenuhi syarat sehingga KPU Karangasem menyatakan lolos verifikasi administrasi.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Karangasem, I Wayan Suartika kepada wartawan, Rabu (19/6/2024) mengatakan, dari total jumlah dukungan yang telah diserahkan kepada KPU Karangasem, ada sebanyak 34.876 dukungan dinyatakan memenuhi syarat (MS), sedangkan yang tidak memenuhi memenuhi syarat (TMS) sebanyak 10.473 dukungan.

“Yang, TMS 10 ribu lebih. Dinyatakan TMS karena beberapa faktor seperti ada yang ganda atau lebih dari satu, serta ada alamat pendukungnya dan wilayah sebarannya yang tidak sesuai. Selain itu, ada juga bukti dukung yang tak bisa di baca karena scan KTP tidak kelihatan,” kata Suartika.

Setelah tahapan verifikasi administrasi ini, selanjutnya KPU Karangasem akan melaksanakan tahapan verifikasi faktual untuk mencocokan berkas dukungan antara KTP dengan orangnya secara langsung di lapangan untuk memastikan apakah yang bersangkutan benar mendukung atau tidak.

BACA :  Bupati Sanjaya Hadiri Rangkaian Pengelukatan Banyu Pinaruh di Pantai Yeh Gangga dan Pantai Abian Kapas

“Untuk teknik verfak nanti dengan cara door to door, dalam verfak kita akan mencocokan datanya serta menanyakan apakah benar yang bersangkutan mendukung paslon ini atau tidak,” terang Suartika.

Rencananya, verifikasi faktual akan dilaksanakan mulai 21 Juni 2024 mendatang. Proses verfak sendiri akan dilaksanakan oleh anggota PPS yang ada di masing-masing desa dibantu oleh PPK. Selain itu, ada juga rencana untuk merekrut tenaga tambahan sebagai verifikator untuk membantu proses verfak ini.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular