KPU sosialisasikan tahapan pilkada di depan Bendesa adat se Karangasem
KPU sosialisasikan tahapan pilkada di depan Bendesa adat se Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Puluhan Bendesa se-Kabupaten Karangasem dan Perwakilan Parpol diberikan sosialisasi mengenai seputar tahapan Pilkada Karangasem khususnya calon perseorangan yang bertempat di Aula STKIP Agama Hindu Amlapura, Rabu, (22/01/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan hadir langsung untuk memberikan materi sosialisasi. Disana para Bendesa sempat menanyakan secara langsung terkait sejumlah persoalan yang dianggap abu – abu terutama dalam hal mengundang kandidat.

Seperti pertanyaan yang diutarakan oleh Bendesa Adat Lebah, Desa Sukadana, Kubu, I Nyoman Arya. Ia menanyakan apakah diperbolehkan mengundang calon yang sudah ditetapkan untuk hadir dalam acara kegamaan di Desa Adat seperti misalnya diundang untuk menyaksikan prosesi suatu upacara.

Lidartawan dengan tegas mengatakan, kalau untuk tujuan seperti itu pasangan calon boleh diundang asal dengan catatan tidak melakukan kegiatan yang mengandung unsur kampanye.

“ Misalnya saja menyampaikan visi misi,itu baru tidak boleh,” tegas mantan Ketua KPU Bangli ini

Sementara itu, I Nyoman Ginantra dari perwakilan Partai Hanura menginginkan adanya kebijakan yang memungkinkan Bendesa Adat bisa mengeluarkan rekomendasi terkait pemilih yang sudah meninggal agar bisa dihapus. “Nanti tinggal diteruskan ke disdukcapil saja,” harap Ginantra

Menanggapi hal tersebut, Lidartawan mengatakan belum ada aturan tertulis untuk mekanisme tersebut, namun pihaknya akan menampung usulan tersebut untuk dikoordinasikan. Selain itu, Ia juga memberikan solusi nantinya untuk pengurusan surat keterangan meninggal yang dijadikan acuan untuk menghapus pemilih dapat dilakukan dengan jemput bola.

Sementara itu, Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana dalam sambutannya menegaskan kegiatan ini sebagai upaya merangkul semua kalangan untuk menyebarluaskan pemilu.

“ Bendesa Adat juga memiliki peran yang strategis dalam upaya sosialisasi sepertinini,” ujar Krisna.(igs/tim/bpn)