Putu Cory Candrayani, S.Pd., M.Pd.
sewa motor matic murah dibali

Denpasar,balipuspanews.com –
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali telah memberlakukan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali, 5 Oktober 2018 lalu. Pergub itu bertujuan melestarikan keberadaan bahasa ibu di tengah-tengah masyarakat, khususnya generasi muda.

Menanggapi hal tersebut, Putu Cory Candrayani, S.Pd., M.Pd., seorang pengajar bahasa Inggris di SMP PGRI 6 Denpasar mengaku mendukung program Pemprov Bali itu.

Namun ia mengimbau, para pelajar atau generasi muda di Bali juga mesti menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Ia mengaku setiap saat memberikan pemahaman ke peserta didiknya agar tidak pernah melupakan bahasa ibu, bahkan wajib memakainya dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebagai destinasi pariwisata dunia, Cory mengatakan bahasa asing sangat penting dikuasai generasi muda Bali. “Kita lahir di Bali, tentu jangan pernah lupakan bahasa ibu. Namun bahasa asing juga penting karena kita hidup di daerah pariwisata. Kuasai bahasa asing dan jangan lupakan bahasa ibu,” kata Cory di Denpasar, Rabu (5/12), kemarin.

Di era persaingan global, lanjut Cory, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu senjata penting dalam memenangkan persaingan di kancah internasional. Tak jarang perusahaan-perusahaan besar mensyarakatkan para pelamar menguasai bahasa Inggris saat membuka lowongan pekerjaan.

Cory tak menampik jika bahasa Inggris masih menjadi momok menakutkan bagi pelajar setelah pelajaran matematika. “Masih ada kesan pelajaran bahasa Inggris itu seram, susah dimengerti,” ujarnya.

Para guru dituntut berinovasi untuk menghapus kesan tersebut melalui berbagai metode.

“Saat mengajar, saya terapkan learning fun. Sehingga murid gembira dan mudah mengaplikasikan palajaran di kelas,” sebutnya.

Menurutnya, metode tersebut cukup ampuh, terbukti dari antusiasme peserta didik saat mengikuti pelajaran bahasa Inggris, hasil tugas dan ulangan. (budiarta/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...