Kamis, Maret 28, 2024
BerandaKlungkungKuningan, Klungkung Menari di Monumen Puputan, Klungkung Menari di Monumen Puputan

Kuningan, Klungkung Menari di Monumen Puputan, Klungkung Menari di Monumen Puputan

KLUNGKUNG, balipuspanews.com -Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Plt. Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati menghadiri pertunjukan kesenian yang diselenggarakan di Depan Monument Puputan Klungkung, Sabtu (29/2/2020).

Pertunjukan kesenian ini merupakan salah satu Program Pemerintah Kabupaten Klungkung yang diberi nama Klungkung Menari.

Program Klungkung Menari memiliki tujuan utama yakni melestarikan seni dan budaya dikalangan generasi muda sampai ke pelosok desa, melalui kegiatan menari sebagai pintu masuknya. Dengan sasaran utamanya adalah para generasi muda dari anak-anak, remaja, serta dewasa. Program Klungkung menari diadakan sebulan sekali, yakni hari sabtu, pada akhir bulan.

Pada pertunjukan kesenian kali ini, Sekaa Teruna Yadu Pauwe Merdangga dari Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung  menampilkan Tari Selat Segara, Tari Palawakya, dan Dolanan “Jagat Kertih”.

Ketua Sekaa Teruna Yadu Pauwe Merdangga Pande Nyoman Raka Utama Menyatakan dolanan “Jagat Kertih”, berisi tentang mengingatkan masyarakat kembali mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam dan sadar bahwa sampah merupakan musuh utama bagi kehidupan Manusia.

BACA :  Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Agung Besakih

Dalam Penampilan Kesenian Dolanan ini disisipkan materi terkait Program Inovasi  Pemkab Klungkung yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Selain program inovasi Pemkab Klungkung dalam pertunjukan tersebut juga diisi dengan teka-teki berbahasa bali (Cecimpedan) dan ajakan untuk tidak menggunakan racun dalam menangkap ikan.

Lebih lanjut dirinya menyatakan bahwa dalam mempersiapkan pertunjukan kesenian, Sekaa Teruna Yadu Pauwe Merdangga memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengapresiasi Pertunjukan Kesenian yang ditampilkan, dan mengapresiasi antusias masyarakat Klungkung ketika menyaksikan pertunjukan kesenian ini.

Bupati Suwirta mengharapkan mudah – mudahan melalui program Inovasi Pemkab Klungkung ini, dapat membantu menjaga serta melestarikan segala bentuk kesenian yang ada di Kabupaten Klungkung,dan dapat menarik minat para generasi muda dalam meregenerasi dari seniman lama oleh seniman-seniman muda dengan tidak mengurangi ataupun menambahkan dari isi daripada kesenian tersebut.

Dalam pertunjukan kesenian ini, masyarakat Klungkung merasa terhibur dan menikmati dalam menyaksikan pertunjukan kesenian hingga akhir pertunjukan. (Roni/BPN/tim)

BACA :  Pj. Bupati Jendrika Hadiri Rakor Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi 2024
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular