Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBulelengKunjungan ke Buleleng, MenpanRB Minta Setiap Minggu Ada Raport Kinerja ASN Dari...

Kunjungan ke Buleleng, MenpanRB Minta Setiap Minggu Ada Raport Kinerja ASN Dari SKPD

BULELENG, balipuspanews.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) RI Abdullah Azwar Anas melangsungkan kunjungan ke Kabupaten Buleleng. Dalam kesempatan itu pihaknya meminta setiap SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng membuat raport penilaian kinerja ASN yang disampaikan setiap minggunya. Upaya itu sebagai parameter yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja ASN agar mampu dan terus mengupayakan birokrasi berdampak bagi masyarakat luas.

Azwar Anas menyebutkan parameter yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja ASN ada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan reformasi birokrasi. Dua parameter tersebut diharapkan bisa di operasionalisasi dalam bentuk kerja-kerja nyata. Sebab Kinerja ASN harus dimonitor dan dievaluasi secara mingguan agar bisa mengetahui siapa yang mengerjakan apa dan apakah sudah sesuai target. Bahkan disana bisa melihat target bisa cepat dicapai atau tidak.

“Proses bisnisnya harus dipangkas. Setiap minggu harus ada rapor kinerja dari masing-masing SKPD sehingga nanti capaiannya akan bisa terukur dan berdampak ke masyarakat,” tegasnya usai menyapa para ASN, Senin (20/5/2024).

BACA :  Karyawan Gas Tewas Kembali Bertambah, Ada Luka Bakar Hingga 87 Persen

Meski demikian, Mantan Bupati Banyuwangi ini menilai khususnya Buleleng reformasi birokrasi (RB)nya sudah bagus. Nilai SAKIP juga sudah mencapai B. Dengan nilai tersebut, semestinya layanannya sudah bagus. Namun tetap pihaknya berharap layanan yang sudah bagus ini untuk terus ditingkatkan.

“Dengan begitu, Buleleng akan menjadi kabupaten yang tidak hanya pembangunan fisiknya saja yang bagus, tapi juga pelayanannya memuaskan untuk masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, menyikapi apa yang disampaikan MenpanRB, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengaku jika selama ini upaya-upaya mewujudkan birokrasi berdampak sudah dimulai dengan perencanaan penganggaran yang baik. Sebab dengan penganggaran yang cermat, birokrasi diarahkan untuk lebih memberikan dampak yang luas kepada masyarakat.

Termasuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. Sehingga dari perencanaan penganggaran yang cermat potensi-potensi di Wilayah Kabupaten Buleleng bisa lebih dikembangkan. Bahkan dengan ada ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Pemkab Buleleng, pengelolaan potensi diharapkan lebih maksimal.

Selain itu, juga memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat. Sehingga ASN selalu didorong untuk tidak terjebak dalam sebuah rutinitas dan zona nyaman. ASN harus bisa berpikir ke depan sehingga bisa mengeluarkan program atau kebijakan yang menyejahterakan masyarakat dan berdampak luas.

BACA :  Tim Labfor dan Polresta Masih Kumpulkan Bukti Kebakaran Gudang Gas Elpiji

“Sehingga benar-benar kita sesuaikan ritme kerja dengan tuntutan dan perubahan lingkungan strategis kita. ASN kami dorong untuk senantiasa mengikuti perubahan dan terus belajar untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkas dia.

Usai menyapa para sekaligus memberikan pengarahan kepada ASN Pemkab Buleleng di Gedung Kesenian Gde Manik, Azwar Anas mengunjungi lalu melanjutkan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Buleleng dan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular