Selasa, Maret 19, 2024
BerandaKarangasemKunjungan Wisatawan ke Karangasem Alami Sedikit Peningkatan

Kunjungan Wisatawan ke Karangasem Alami Sedikit Peningkatan

Karangasem, balipuspanews.com – Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karangasem pasca diturunkannya status Gunung Agung dari level IV (Awas) menjadi level III (Siaga) maka berangsur – angsur mulai membaik.

Kendati jumlahnya masih terbilang sedikit, namun sudah menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini diakui Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem I Wayan Astika, bahwa memang terjadi peningkatan kunjungan wisatawan.

Dilihat dari data kunjungan wisatawan ke Karangasem per tanggal 1 Februasi sampai tanggal 9 Februari sebelum diturunkan status Gunung Agung, total kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) sebanyak 4.477 kunjungan dan wisatawan nusantara (Wisnu) sebanyak 1.876 kunjungan.

Sementara pasca status Gunung Agung turun ke level Siaga data kunjungan wisatawan per tanggal 10 Februari hingga 18 Februari lalu, tercatat mengalami sedikit peningkatan yang didominasi oleh wisatawan nusantara. Dari jumlah sebelumnya sebanyak 1.876 kunjungan menjadi 2.850 kunjungan. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara hanya mengalami sedikit peningkatan, yakni dari jumlah 4.477 kunjungan menjadi 4.832 kunjungan.

Kendati mengalami sedikit peningkatan, Wayan Astika belum berani memastikan perkembangan kedepan kalau hanya dilihat dari instrumen perkembangan kunjungan saja.

BACA :  Leher Hingga Kepala Memerah, ASF Diduga Menjadi Penyebab Matinya Puluhan Babi di Karangasem

“Belum bisa kita melihat kalau hanya dari instrumen perkembangan kunjungan saja, ada hal lain seperti keamanan, kebersihan dan unsure sapta pesona lainnya yang mempengaruhi termasuk semua komponen yang mampu meyakinkan wisatawan,” ujar Astika saat dikonfirmasi media ini, Kamis (22/02).

Menurut Astika, sinergitas dari semua pihak perlu dibangun untuk mengembalikan pariwisata Karangasem yang sempat terpuruk akibat gejolak yang ditimbulkan Gunung Agung. Jika instrumen lainnya tersebut datanya sudah bisa terbaca, baru bisa memperkirakan bagaimana kunjungan wisatawan ke Karangasem untuk ke depannya. (Suar)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular