Kunjungi ACJN Rambut Siwi, Putri Koster Kembali Ingatkan Disiplin Prokes

Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Suastini Koster datang ke Jembrana. Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candrawati Tamba, Jumat (25/6/2021)
Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Suastini Koster datang ke Jembrana. Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candrawati Tamba, Jumat (25/6/2021)

JEMBRANA, balipuspanews.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Suastini Koster datang ke Jembrana. Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candrawati Tamba, Jumat (25/6/2021), Ny. Putri Koster menyapa masyarakat dan berbagi bantuan di Anjungan Cerdas Jalan Nasional (ACJN) Rambut Siwi, Mendoyo.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Koster dalam kesempatan bertatap muka dengan masyarakat juga dimanfaatkan untuk memberi edukasi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain kepada masyarakat umum, edukasi disiplin penerapan prokes secara khusus ditekankan bagi ibu hamil. Karena di masa kehamilan, fisik seorang wanita menjadi lebih rentan sehingga membutuhkan perhatian ekstra.

Seorang calon ibu menurutnya, wajib menjaga kesehatan dan asupan gizi di masa kehamilan agar melahirkan bayi yang sehat dan mencegah potensi stunting. Lebih dari itu, perempuan yang dikenal memiliki multi talenta ini mengingatkan ancaman Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada ibu hamil.

“Wanita hamil dengan KEK dapat membahayakan kondisi janin. Untuk itu, seorang ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang yang sesuai dengan kebutuhan serta beristirahat yang cukup,” ujarnya.

Putri Suastini Koster minta peran aktif PKK Jembrana untuk menyukseskan program pemerintah, TP PKK diminta tetap fokus pada pelaksanaan 10 program PKK. Di tengah situasi pandemi TP PKK tetap berkegiatan. Salah satu program yang menurutnya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di tengah pandemi adalah Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA PKK).

“Pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanami bahan kebutuhan pokok seperti sayuran dapat meringankan beban pengeluaran keluarga yang mengalami dampak akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana, Ny. Candrawati Tamba menyampaikan terima kasih atas perhatian yang ditunjukkan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster guna menyapa dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Jembrana dengan sasaran, 10 orang Balitas Gizi Buruk, 10 orang Ibu Hamil yang mengalami Kekurangan Energi Kronik (KEK), 10 orang Lansia, 10 orang penyandang disabilitas, dan 10 orang kader PKK yang kurang mampu.

“Bantuan sosial ini adalah wujud kepedulian TP. PKK Provinsi, Kabupaten, OPD terkait, dan lintas sektor dalam meringkankan beban masyarakat Jembrana. Semoga dengan bantuan yang disalurkan ini balita yang semula gizi buruk menjadi gizi baik dan tumbuh kembang balita menjadi optimal serta bagi ibu hamil yang Kekurangan Energi Kronis (KEK) dapat terpenuhi asupan energi dari makanan yang sehat dan bernutrisi. Sedangkan bagi kader kurang mampu, lansia dan penyandang disabilitas semoga dapat meringankan beban kehidupan sehingga selalu sehat dan bahagia,” ujarnya.

Ny. Candrawati Tamba juga memohon arahan dari Ibu Gubernur Bali selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali. Petunjuk, saran dan bimbingan yang diberikan, akan dijadikan motivasi bagi TP PKK Jembrana sampai ketingkat Desa sehingga mampu melakukan gerakan dan inovasi terutama dalam memberdayakan masyarakat serta terlaksana 10 Program Pokok PKK.

“Arahan dari ibu Ketua TP PKK Provinsi Bali sangat penting untuk rekan-rekan kader PKK yang ada di Kabupaten Jembrana, sehingga berangkat dari arahan tersebut akan memacu semangat dan motivasi bagi dalam mensukseskan 10 Program Pokok PKK,” imbuhnya.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Putri Koster bersama Ketua TP PKK Jembrana Ny. Candrawati Tamba menyerahkan bantuan kepada lansia, kader PKK kurang mampu, dan penyandang disabilitas keseluruhannya paket sembako.

Khusus untuk balita gizi buruk diserahkan bantuan berupa paket biskuit, susu, dan suplemen makanan berupa sirup dan ibu hamil dengan kekurangan energi kronis diberikan bantuan seperti biskuit ibu hamil, susu, tablet penambah darah, jus ibu hamil dan masker.

Adapun pihak yang ikut terlibat dan mendukung TP PKK dalam menyukseskan program menyapa dan berbagi ini yaitu RS Mata Bali Mandara, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali, Bank BPD Bali Cabang Jembrana, BPJS Ketenagakerjaan Jembrana.

Usai acara, Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster beserta rombongan juga diajak berkeliling menjajaki masing-masing stand UMKM Jembrana yang berada di areal Anjungan Cerdas Rambut Siwi.

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version