Senin, Juni 17, 2024
BerandaBadungKunker, Dirjen Imigrasi Apresiasi Pelayanan Imigrasi Ngurah Rai

Kunker, Dirjen Imigrasi Apresiasi Pelayanan Imigrasi Ngurah Rai

MANGUPURA, balipuspanews.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kantor Imigrasi Ngurah Rai. Dirjen mengapresiasi kinerja jajaran Imigrasi Ngurah Rai.

Dirjen Imigrasi didampingi Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu beserta Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali Baron Ichsan, Direktur Operasional Angkasa Pura Pusat, GM Angkasa Pura Bandara Ngurah Rai serta Perwakilan dari Otoritas Bandara (Otban).

Diketahui, kunker ini bertujuan melihat langsung sejauh mana pelayanan keimigrasian di lapangan serta menyerap aspirasi baik saran maupun permasalahan yang ada untuk dicarikan solusi bersama.

Dalam kunjugannya Dirjen Silmy Karim meninjau sarana dan prasarana pelayanan publik yang ada. Ia melihat langsung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh petugas Imigrasi Ngurah Rai kepada pemohon layanan keimigrasian.

Silmy juga melakukan dialog kepada beberapa pemohon layanan keimigrasian baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) untuk menggali bagaimana pelayanan keimigrasian yang dirasakan.

Salah seorang pemohon paspor, Nina Yuniar, menyampaikan bahwa proses permohonan paspor berjalan lancar dan mudah.

BACA :  Hari Bhayangkara ke-78, Polres Klungkung Gelar Bakti Kesehatan

“Prosesnya mudah dan cepat, apalagi menggunakan aplikasi M-Paspor,” terang Nina.

Hal senada dikatakan Eduard Vorobiev salah seorang WNA asal Rusia pemohon perpanjangan izin tinggal yang diajak berdialog oleh Silmy turut menyampaikan bahwa pelayanan di Imigrasi Ngurah Rai sudah sangat bagus dan cepat.

“Pelayanannya cepat dan petugasnya juga sangat membantu,” ungkapnya.

Melihat ada keluarga WNA yang menggunakan fasilitas ruang bermain anak, Silmy pun menghampiri keluarga tersebut dan mengajak berdialog. Daniel Seuffert WNA asal Jerman yang sedang melakukan perpanjangan VOA menyampaikan sangat menikmati fasilitas yang ada di Kantor Imigrasi Ngurah Rai.

“Pelayanannya bagus, selagi menunggu untuk foto, saya bisa mengajak anak saya bermain di disini,” ucap Daniel.

Dalam kesempatan ini Silmy juga turut mencoba fasilitas Coffe Corner yang menyediakan berbagai jenis minuman kopi. Silmy merasa takjub dan mengapresiasi ada fasilitas kopi gratis di Kantor Imigrasi Ngurah Rai.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan kepada pegawai Imigrasi Ngurah Rai. Terdapat 3 hal yang ditekankan oleh Dirjen Imigrasi, pertama bagaimana menjadikan organisasi menjadi lebih hebat, kedua adalah peningkatan kinerja anggota dan ketiga adalah peningkatan kontribusi kepada negara.

BACA :  Menko PMK Tinjau Pengukuran Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu

Dalam arahannya Silmy juga mengajak para petugas di kantor imigrasi untuk bekerja dengan sepenuh hati memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Tugas-tugas harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Mari kita bangun Imigrasi dengan energi positif dengan cara berkata baik, berbuat baik, maka pelayanan akan menjadi baik. Mari tingkatkan pelayanan Imigrasi,” ajak Silmy.

Dalam sebuah kesempatan, Silmy memberikan apresiasi kepada pelayanan Imigrasi Ngurah Rai.

“Secara fair saya sampaikan pelayanan di Imigrasi Ngurah Rai diatas ekspektasi saya, saya berharap jajaran lainnya dapat melakukan hal yang sama”, ucap Silmy.

Kunjungan dilanjutkan ke Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Ngurah Rai untuk meninjau alur keberangkatan dan kedatangan. Pada terminal keberangkatan peninjauan dimulai dari konter check-in maskapai sampai pemeriksaan keimigrasian.

Dalam kesempatan tersebut, Silmy juga meninjau fasilitas autogate yang ada dan berharap agar fasilitas autogate tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pelayanan dan mengurai antrean penumpang.

Pada terminal kedatangan, Silmy meninjau alur kedatangan penumpang mulai dari pemeriksaan kesehatan di KKP, pembelian VOA sampai dengan pemeriksaan keimigrasian.

BACA :  Sekda Adi Arnawa Resmi Buka KONI Badung Sport Tourism (KBST) 2024

Ia menyampaikan bahwa digitalisasi perlu dilakukan untuk mempercepat pelayanan, sosialisasi penggunaan E-VOA dan E-Visa kepada orang asing dan maskapai perlu digencarkan untuk mengoptimalisasi pelayanan.

Penulis : Kontributor Denpasar

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular