Kuota Perempuan di 4 Kecamatan Belum Terpenuhi Rekrutmen Panwascam Diperpanjang

Suasana pendaftaran Panwascam yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Buleleng
Suasana pendaftaran Panwascam yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Pendaftaran rekrutmen calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Buleleng telah ditutup per Selasa (27/9/2022). Namun dari jumlah total 129 pendaftar dari 9 Kecamatan ternyata 4 Kecamatan belum terpenuhi untuk 30 persen kuota perempuan.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Trisna Widyastini menyebutkan dari proses rekrutmen total sudah terjaring peserta perempuan sebanyak 38 orang, dan peserta laki-laki tercatat 91 orang.

Dari jumlah itu, tercatat ada sebanyak 4 Kecamatan yang masih belum memenuhi kuota 30 persen partisipasi peserta perempuan diantaranya ada Kecamatan Buleleng, Gerokgak, Sawan, dan Seririt.

Sehingga jika keikutsertaan peserta perempuan tersebut belum terpenuhi maka akan dilaksanakan perpanjangan rekrutmen selama lima hari kerja.

Baca Juga :  Remaja Dituntut Aktif Mengedukasi Permasalahan HIV/AIDS Sedini Mungkin

“Dari segi jumlah, pelamar di 4 kecamatan itu sudah terpenuhi, namun jika dikalkulasikan dari jumlah pendaftar, memang sebanyak 30 persen jumlah perempuannya kurang,” jelas Trisna saat ditemui, Rabu (28/9/2022).

Trisna mengatakan bahwa dimasing-masing kecamatan nantinya akan diisi sebanyak 3 orang, jadi total yang dibutuhkan menjadi 27 orang di Kabupaten Buleleng. Sehingga dari 129 orang pendaftar yang telah melamar akan dijaring kembali melalui proses seleksi berikutnya yaitu seleksi administrasi, tes tertulis (CAT).

Selanjutnya dari proses itu, sebanyak 6 peserta dari masing-masing kecamatan yang lolos tes tertulis akan menjalani proses wawancara yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Buleleng.

Kemudian setelah mereka dinyatakan lolos maka tugasnya bersifat Ad hoc yang berarti panitia tersebut direkrut sementara ketika ada hajatan pemilu dengan tanggung jawab mengawasi semua tahapan di Kecamatan seperti daftar pemilih, logistik, dan proses kampanye.

Baca Juga :  Pantau Situasi Lalu Lintas Menjelang Nataru, Kapolres Buleleng Bagikan Helm Gratis

Lalu untuk mempersiapkan kompetensi Panwascam dalam melaksanakan tugasnya setelah dilantik, Bawaslu Buleleng akan memberikan pembekalan yang rencananya akan diadakan selama 2 hari.

“Nantinya Panwascam ini akan dibekali juga dengan bimbingan teknis serta rapat koordinasi,” imbuhnya.

Perlu diketahui, sesuai hasil rekapitulasi terakhir, yang mendominasi jumlah pelamar yaitu dari Kecamatan Buleleng sebanyak 27 orang, disusul oleh Kecamatan Sawan ada sebanyak 21 orang dan Kecamatan Tejakula sebanyak 16 orang.

Sementara, Kecamatan Sukasada sebanyak 13 orang, Kecamatan Gerokgrak dan Kecamatan Seririt masing-masing 12 orang, Kecamatan Banjar 11 orang, Kecamatan Kubutambahan 10 orang, dan terakhir Kecamatan Busungbiu 7 orang.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan