PLN kelola sampah secara mandiri. Bahkan, sudah bisa hasilkan kompos.foto istimewa
PLN kelola sampah secara mandiri. Bahkan, sudah bisa hasilkan kompos.foto istimewa

DENPASAR, balipuspanews.com- PLN Unit Induk Distirbusi Bali menunjukan langkah nyata untuk mengatasi persoalan sampah yang belakangan volumenya terus mengalami peningkatan. Salah satu kiat yang dilakukan adalah mengelola sampah secara mandiri sejak bulan Juli lalu. hasil pengolahan sampah mandiri tersebut sudah berhasil menghasilkan kompos yang siap jual.

Upaya memanfaatkan sampah organik yang ada di lingkungan kantor itu mengasilkan 650 kilogram kompos dan mengurangi jumlah sampah yang harus dibawa ke TPA.

“Per bulan biasanya ada lebih dari 2 ton sampah organik di kantor, sekarang sekitar 30 persen sudah dikelola sendiri,” kata Pejabat K3L PLN UID Bali Nyoman Jendra.

Ia menambahkan, pengelolan sampah yang dilakukan di PLN UID Bali juga sebagai bentuk dukungan PLN terhadap permasalahan sampah yang terjadi di Bali.

Hasil produksi kompos tersebut selanjutnya dijual dan hasil penjualannya diberikan sebagai bantuan kepada pegiat lingkungan yang bergerak di bidang pengelolaan sampah.

“Harapan kami hasil pengolahan kompos ini dapat bermanfaat bagi petani lokal untuk meningkatkan hasil panen,” demikian Nyoman Jendra.(jr/tim/bpn)