Jumat, Februari 23, 2024
BerandaJembranaKurangi Over Kapasitas, Lima Napi Rutan Negara Dipindah

Kurangi Over Kapasitas, Lima Napi Rutan Negara Dipindah

JEMBRANA, balipuspanews.com– Kurang maksimalnya pembinaan dan pengamanan narapidana (Napi) akibat rumah tahanan (Rutan) kelas llB Negara over kapasitas. Untuk mengurangi jumlah napi yang menghuni Rutan Negara maka dilakukan pemindagan penghuni Rutan atau lapas di daerah lainya yang kapasitasnya masih memungkinkan.

Saat ini Rutan Negata dihuni oleh 140 orang Napi maupun tahanan. Sementara kapasitas maksimalnya hanya 71 orang sehingga pembinaan dan pengamanan tidak dapat terlaksana secara optimal.

Untuk mengurangi penghuni Rutan pada Jumat (2/12/2022) lima orang Napi penghuni Rutan Negara dipindahkan. Kelima Napi yang dipindahkan itu yakni 3 orang Napi kasus narkoba, 1 orang kasus pencurian, dan 1 orang kasus pelecehan anak dibawah umur.

Pemindahan dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Bali serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dituju. Untuk keamanan dalam perjalanan mereka dikawal oleh 2 orang anggora Polres Jembrana dan 6 orang petugas rutan.

Kelima Napi itu dipindah ke dua tempat yakni Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika (Lapastik) Kelas IIA Bangli dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Karangasem.

BACA :  Laporan Dugaan Politik Uang Dirapatkan

Sebelum dipindahkan, kelima narapidana dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rapid antigen. Mereka juga diborgol guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban selama dalam perjalanan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Usai proses administrasi, lima orang narapidana segera dimasukkan ke mobil tahanan dan diantar menuju UPT tujuan. Perjalanan dilakukan secara bersamaan diawali ke Lapastik Bangli untuk mengantar satu orang napi.

Setelah selesai melakukan administrasi dan serah terima Napi rombongan melanjutkan perjalanan ke Lapas Karangasem untuk memindahkan empat orang Napi.

“Pemindahan lima orang narapidana ini dilaksanakan guna mengurangi kapaitas rutan serta untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut,” ungkap Kepala Rutan kelas llB Negara, Lilik Subagiyono.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular