Kuta Beach Sea Turtle Conservation Lepaskan Sebanyak 255 Ekor Tukik

Pusat Konservasi Penyu Laut Pantai Kuta adakan pelepasan tukik ke Laut pada, Senin (22/6/2020)
Pusat Konservasi Penyu Laut Pantai Kuta adakan pelepasan tukik ke Laut pada, Senin (22/6/2020)

BADUNG, balipuspanews.com – Kuta Beach Sea Turtle Conservation adakan pelepasan tukik ke Laut pada, Senin (22/6/2020).

Saat ditemui, Ketua Kuta Beach Sea Turtle Conservation Gusti Ngurah Tresna mengatakan, biasanya setiap tahun nya penyu dewasa datang untuk bertelur, namun dikarenakan situasi pandemi Covid-19 ini beberapa kawasan termasuk tempat penyu bertelur di sterilkan atau ditutup sementara.

Hal tersebutlah menjadi kendala untuk penyelamatan penyu saat proses bertelur. Namun semenjak kawasan tempat penyu di sterilkan atau ditutup, keselamatan penyu saat bertelur terjaga.

“Tidak ada orang yang mengganggu proses penyu bertelur ataupun telur-telur penyu tidak terinjak. Namun hal tersebut tetap diawasi, dan yang harus direlokasi akan dibawa ke tempat relokasi,” ungkapnya.

Sementara saat ini sudah banyak terdapat sarang-sarang yang alami. Dan yang menjadi permasalahan adalah pada proses penetasan nya. Karena saat ini sedang terjadi gelombang tinggi banyak telur yang berada di sarang ditarik arus ke Laut.

Sedangkan saat ini sebanyak 150 sarang yang berisikan kurang lebih 17.000 telur penyu sudah di rescue oleh pihak Kuta Beach Sea Turtle Conservation.

“Prosesnya tetap dijaga, mulai dari proses penetasan keesokan harinya akan dirilis dan setelah menetas sesegera mungkin akan dikembalikan ke alam,” imbuhnya.

Pelepasan tukik-tukik ini dilakukan dengan jumlah tim yang terbatas dan tetap menerapkan beberapa protokol pencegahan Covid-19 seperti menggunakan masker dan handsanitizer.

Sementara saat disinggung berapa jumlah tukik yang akan dilepaskan hari ini, Kresna mengatakan tukik yang akan dilepaskan ke Laut berjumlah lumayan banyak yaitu 255 ekor. (*)

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Putu Artayasa