Kamis, April 18, 2024
BerandaDenpasarKwalitas Kain Tenun Bali Tidak Perlu Diragukan

Kwalitas Kain Tenun Bali Tidak Perlu Diragukan

DENPASAR, balipuspanews.com – Kwalitas kain tenun Bali sangat mampu bersaing baik dari segi desain maupun kwalitas dan ragam warna patut diancungi jempol dan tidak usah diragukan lagi. Pasalnya, kain tenun Bali memiliki nilai tawar yang tinggi dan dapat diterima oleh masyarkat luas.

Penegasan tersebut disampaikan Ny. Putri Suastini Koster disela-sela menikmati libur akhir pekan berkesempatan untuk menyaksikan Acara Wimbakara (Lomba) Design dan Peragaan Busana serangkaian PKB XLIII Tahun 2021 bertempat di Gedung Ksirarnawa-Taman Budaya Art Center, Denpasar, pada Minggu (20/6/2021).

Ny. Putri Koster menyampaikan apresiasinya terhadap hasil karya para desainer yang mengaplikasikan kain tenun Bali kedalam balutan busana adat ke kantor, balutan busana kasual dan balutan busana pesta (cocktail).

Menurutnya, kain tenun buatan para pengerajin Bali kualitasnya tidak diragukan lagi, di samping itu jika kain tenun dikreasikan untuk berbagai macam tema busana atau fashion, sangat menarik untuk dilihat.

Untuk itu, agar para pengerajin tenun lebih semangat dalam membuat produk kerajinan, maka Ny. Putri Koster mengajak desainer yang ada di Bali untuk menggaungkan kembali kain tenun asli Bali untuk dikreasikan sesuai fashion yang sedang hits. Sehingga kain tenun Bali dapat terus dilestarikan.

BACA :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu

Lebih lanjut, pendamping orang nomor satu di Bali ini mengatakan bahwa pihaknya akan mengajak para desainer untuk membuat tren mode yang dipakai setiap tahunnya, seperti yang dilakukan di luar negeri.

Sehingga dari tren mode tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi masyarakat lokal maupun domestik dalam menggunakan kain tenun Bali. Untuk itu, ia berharap hal tersebut dapat didukung dan diberikan masukan oleh Dekranasda Kabupaten/Kota se-Bali.

Sementara itu, dalam lomba yang diikuti oleh tujuh Kabupaten/Kota se-Bali kecuali Buleleng dan Karangasem, maka telah diperoleh juara 1-3 dalam masing-masing kategori.

Dari penilaian dewan juri maka untuk Lomba Busana Adat Bali ke Kantor Berpasangan: Juara 1 diraih oleh Kota Denpasar, Juara 2 Kabupaten Gianyar dan Juara 3 Kabupaten Badung.

Untuk lomba Busana Kasual Berpasangan diraih oleh Juara 1 Kota Denpasar, Juara 2 Kabupaten Badung dan Juara 3 Kabupaten Gianyar. Sedangkan Busana Pesta dari kain tenun diraih oleh Juara 1 Kabupaten Gianyar, Juara 2 Kota Denpasar dan Juara 3 Kabupaten Klungkung.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

BACA :  Dewan Buleleng Bahas Finalisasi Draf Rekomendasi LKPJ Bupati Tahun 2023
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular