Dandim Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok saat memantau tes urine. Rabu (9/10).
Dandim Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok saat memantau tes urine. Rabu (9/10).
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- Keluarga besar Kodim 1617/Jembrana memang harus bersih dari Narkoba. Untuk membuktikan anggota Anggota, PNS termasuk anggota Persit Kodim 1617. Jembrana tidak ada yang terlibat penyaalahgunaan Narkoba salah satu langkah yang ditempuh Dandim Letkol Kav Djefri Marsono hanok adalah melakukan tes urine.

Sebelum dilakukan tes urine Rabu (9/10) ratusan anggota bersama PNS dan Persit diberikan penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok menyampaikan, sosialisasi (P4GN) ini merupakan kegiatan program yang dilakukan secara rutin, dimana kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba maupun obat-obatan terlarang bagi Prajurit TNI khususnya anggota Kodim 1617/Jembrana.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wujud untuk menindaklanjuti instruksi pimpinan yang menyatakan perang dan berkomitmen memberantas Narkoba,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan komitmen sekaligus peran aktif satuan dalam pemberantasan Narkoba di lingkungan TNI dan kita berharap dengan diadakan penyuluhan dan pemeriksaan urine secara rutin seluruh prajurit khususnya anggota Kodim 1617/Jembrana terbebas dari Narkoba dan tidak terlibat dalam peredarannya.

Setelah sosialisasi dari semua peserta dipangil 100 orang secara acak untuk melakukan tes urine yang diplopori oleh Dandim. Hasilnya tidak satupun yang terindikasi melakukan penyalahgunaan Narkoba.

“Ini menjadi hal yang sangat positif dan terus dipertahankan agar prajurit, PNS dan keluarganya tetap terbebas dari Narkoba. Jangan ada anggota yang coba-coba menyalahgunakan narkoba baik sebagai pemakai maupun ikut dalam peredaranya. Sanskinya jelas yakni pemecatan,”ujar Dandim.

PJS. Pasinteldim Kapten Inf Nyoman Gde Andika, menambahkan penyuluhan adalah salah satu cara yang tepat guna menjelaskan bahaya Narkoba dan cara mencegahnya agar kita tidak terjebak didalamnya, dengan cara kita wajib mengetahui apa saja jenis obat dan tanaman yang tergolong dalam Narkotika.

Pihaknya mengingatkan kepada seluruh prajurit, jangan pernah sekali-kali mencoba atau penasaran dengan yang namanya Narkoba dan sejenisnya, karena sekali terjerumus di dalamnya maka akan sangat susah untuk lepas dari pengaruh Narkoba. Tanamkan dalam jiwa masing-masing kita, “Say No To Drug,” pesannya.(nm/bpn/tim)