Selasa, Maret 19, 2024
BerandaGianyarLantik 166 Pejabat, Mahayastra Sebut Tidak Ada yang Dilantik Karena Politik

Lantik 166 Pejabat, Mahayastra Sebut Tidak Ada yang Dilantik Karena Politik

GIANYAR, balipuspanews.com- Bupati Gianyar Made Mahayastra melantik dan mengambil sumpah jabatan 166 pejabat dilingkungan Pemkab Gianyar, Selasa (27/10/2020).

Menariknya, bupati Mahayastra menyebut pelantikan pejabat tersebut jauh dari unsur politik dan lobi- lobi.

“ Tidak ada pejabat yang dilantik hari ini karena politik,” kata Mahayastra.

Bupati kader PDIP ini menyebutkan,
dengan suntikan tenaga baru dan jabatan yang sebelumnya lowong dan jabatan yang kurang pas, dengan rotasi diharapkan adanya semangat baru dan peningkatan kinerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Terkait rotasi yang dilakukannya, Mahayastra mengaku  bisa menilai sendiri ASN yang memiliki loyalitas terhadap Pemerintah Kabupaten Gianyar.

“ Saya tidak mendengarkan lobi-lobi, saya bisa menilai sendiri terkait loyalitas dan kemampuan kerja saudara. Untuk ukuran politik mungkin di mutasi pertama sudah diselesaikan dan kini tidak ada,” tegasnya.

Setidaknya ada 5 pimpinan tinggi pratama yang dilantik Mahayastra pada kesempatan tersebut seperti, Ngakan Putu Darmajati,S.H yang dulunya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gianyar dilantik Menjadi Asisten Adminisrasi Umum Setda Kabupaten Gianyar.

BACA :  Pasang Target Rp 1,7 Triliun, PAD Gianyar Terealisasi Rp 1,4 Triliun

I Wayan Sudiana, S.Sos dari Kepala Bidang Pemberdayaan Kawasan Perdesaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Gianyar dilantik menjadi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar. Nurwidyaswanto,A.TD,MT Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar kini dilantik menjadi Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gianyar.

Mengisi jabatan Camat Gianyar, Bupati Mahayastra melantik Sekretaris Camat Gianyar I Wayan Widana, S.STP  dan Sekretaris Kecamatan Tegalalang  I Komang Alit Adnyana, S.STP menjadi Camat Tegalalang.

Disamping melantik dan mengambil sumpah jabatan  pegawai aparatur sipil negara dalam jabatan pimpinan tinggi pratama, Bupati mahayastra juga melantik 161 pejabat administrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Lebih lanjut bupati asal Malinggih Payangan ini juga mengingatkan, bahwa jabatan mengandung tanggung jawab yang besar dan merupakan sebuah kepercayaan yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu, Mahayastra berpesan agar jabatan dijadikan ajang untuk menunjukkan dan membuktikan kemampuan kerja terbaik.

Kedepan Mahayastra juga akan membuka 6 pejabat eselon 2 untuk diisi dengan sistem lelang terbuka.

“ Setelah ini saya membuka 6 pejabat eselon 2 untuk diisi dengan sistem lelang terbuka. Setelah itu akan ada pergeseran banyak di bulan Desember ini untuk eselon 3A yang pensiun eselon 3B, maupun eselon 2. Jadi setelah ini akan bergerak pansel untuk pengisian eselon 2, setelah dilantik akan terjadi mutasi lagi mungkin paling lambat Januari,”ucapnya.

BACA :  Pasang Target Rp 1,7 Triliun, PAD Gianyar Terealisasi Rp 1,4 Triliun

Untuk itu, Mahayastra berpesan jika ingin menduduki jabatan, ASN harus meningkatkan kualitas diri.

“ Jangan lagi melobi saya, wakil bupati, ketua TP PKK, DPRD sementara tidak memiliki kemampuan apa-apa. Tingkatkan kualitas diri saudara, ikuti pelatihan, Pendidikan yang bagus dan berani ngantor pagi pulang malam.  Dan saya tahu itu karena saya banyak punya orang-orang di semua OPD walau bukan kadisnya yang melaporkan kinerja saudara kepada saya,” tegasnya.

PENULIS/EDITOR: Oka

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular