Kaderisasi organisasi Perhimpunan Pemuda  Hindu Indonesia (Peradah) di Kabupaten Badung ditandai dengan pergantian dan pelantikan pengurus baru periode  2020-2023.
Kaderisasi organisasi Perhimpunan Pemuda  Hindu Indonesia (Peradah) di Kabupaten Badung ditandai dengan pergantian dan pelantikan pengurus baru periode  2020-2023.

DENPASAR, balipuspanews.com-Kaderisasi organisasi Perhimpunan Pemuda  Hindu Indonesia (Peradah) di Kabupaten Badung ditandai dengan pergantian dan pelantikan pengurus baru periode  2020-2023.

SDM Kader Peradah di Gumi Keris ini bakal menjadi prioritas untuk pemuda Hindu Peningkatan kapasitas pemuda Hindu di sana bakal di garap dalam berbagai program mulai dari pelatihan kepemimpinan hingga kewirausahaan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPK Peradah Indonesia Badung periode 2020-2023  Ida Bagus Mahendra Sada Prabhawa usai pelantikan kepengurusannya di Gedung DPRD Kabupaten Badung, Minggu ( 9/2).

Menurutnya SDM pemuda menjadi kunci untuk membangun militansi pemuda agar memiliki mindset yang terbuka, adaptif dengan perubahan serta kemandirian.

” Sesuai visi misi organ Peradah, kami konsen pada pemberdayaan pemuda Hindu bidang kepemimpinan dan kewirausahaan,”ujar Mahendra Sada. Peradah sebagai organ nasional yang memiliki basis kader di tiap-tiap daerah di Indonesia, khususnya Badung tambahnya siap membangun kolaborasi dengan semua pihak yang sejaln dengan viai misi organisasi.

Tentu kami siap sebagai mitra strategis pemerintah, majelis keumatan, adat, atau siapapun yang memiliki tekad untuk memajukan pemuda Hindu di Badung, “katanya.

Sementara itu Sekretaris DPP Peradah Indonesia Bali I Putu Eka Mahardhika,S.IP,.M.AP pada kesempatan tersebut berharap agar pemuda Hindu di Kabupaten Badung khususnya bisa bangkit dari zona nyaman. Berbagai persoalan yang menimpa Bali saat ini perlu rumusan pemikiran kongkret dari generasi muda sehingga eksistensi adat, budaya dan agama terjaga sebagaimana mestinya.

“Pemetaan potensi generasi muda Hindu menjadi strategi kedepannya. Jangan sampai anak muda nyaman dengan segala fasilitas yang diberikan. Melainkan jengah dengan berbagai persoalan yang ada,” ucapnya.

Ketua DPK Peradah Badung Demisioner Ida Bagus Angga Purana Pidada menaruh harapan besar terhadap Pimpinan dan pengurus baru Peradah Badung 2020-2023 pasca Lokasabha pada 7 Januari 2020 lalu yang dilaksanakan secara musyawarah mufakat.

Menurutnya, Badung yang memiliki potensi besar seyogianya Peradah bisa memgambil peran strategis dalam pengembangan SDM. “Pemerintah dan masyarakat harus bisa memberikan kepercayaan bagi generasi muda untuk berkarya dan mengabdi, “ucapnya.

Acara pelantikan pengurus baru DPK Peradah Badung juga dirangkaikan dengan talkshow yang bertajuk “Nandurin Karang Awak” yang dimaknai sebagai peningkatkan kualitas diri oleh generasi milenial saat ini dengan segala dinamika, peluang dan tantangan sebagai manusia Bali.

Turut hadir juga pada kegiatan ini Perwakilan dari Kanwil Agama Badung dan juga dari, pengurus DPP PERADAH Indonesia Provinsi Bali, DPK Se-Bali, Yowana Dharmopadesa Badung, KMHDI, Yowana Manca Agung, dan pelajar. (rls/BPN/tim)