Lantik Tri Handoko Seto, Menag : Saya Berharap Kemenag Dapat Lari Lebih Kencang Lagi

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu Kementerian Agama RI masa bakti 2020-2025 Dr. Tri Handoko Seto
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu Kementerian Agama RI masa bakti 2020-2025 Dr. Tri Handoko Seto

JAKARTA, balipuspanews.com – Menteri Agama Fachrul Razi, Senin (10/8/2020), melantik lima pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Agama, salah satunya adalah Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu, Dr. Tri Handoko Seto yang diberi amanat memimpin Ditjen Bimas Hindu masa bakti 2020-2025.

Usai melantik, Menag Fachrul Razi berharap pejabat yang baru dilantiknya itu dapat menjawab tantangan yang ada di Kemenag.

“Jadi tantangan aja. Dulu pada saat jabatan itu masih kosong Kementerian Agama dapat lari dengan kencang. Mudah-mudahan dengan datangnya yang lima itu lebih kencang lagi,” ujarnya.

Saat ditanya harapannya terhadap Dirjen Bimas Hindu yang baru, Menag Fachrul Razi mengatakan semua jabatan yang diamanatkan sudah diberi tugasnya masing-masing.

“Kita harapkan, mereka melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Itu juga berlaku untuk semua (jabatan yang dilantik),” sebut Menag.

Untuk diketahui, lima pejabat yang dilantik adalah para pejabat yang terpilih melalui Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya yang prosesnya berlangsung sejak April 2020.

Pelantikan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Hadir sebagai saksi pelantikan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dan Plt Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar. Pelantikan juga dihadiri Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama, dan Pejabat Eselon I lainnya.

Menag berharap pelantikan pejabat Eselon I ini menjadi amunisi baru bagi Kemenag dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Sebuah tantangan yang luar biasa, hampir satu tahun kita mengalami kekosongan enam jabatan Eselon I, tetapi selama ini Kemenag tetap bisa berlari dengan kencang,” kata Menag.

“Hari ini, lima jabatan telah diisi. Kami berharap, dengan kehadiran Bapak-Bapak, Kementerian Agama akan dapat berlari jauh lebih kencang. Sekali lagi, saya ucapkan selamat menunaikan tugas dengan baik,” imbuhnya.

Menag menegaskan bahwa pejabat yang baru dilantik, tidak berhutang budi kepada siapa pun di Kementerian Agama. Menag lalu menyitir pesan yang pernah disampaikan Baharuddin Lopa.

“Banyak yang salah jalan, tapi merasa tenang karena banyak teman yang sama-sama salah. Beranilah menjadi benar meskipun sendirian,” tegas Menag.

Menurutnya, semakin banyak pejabat yang memiliki karakter yang baik, berani melakukan hal yang benar, akan semakin baik bagi organisasi.

“Buang jauh-jauh ego sektoral dan mental feodal dalam memberikan layanan bagi masyarakat,” sambungnya.

Adapun daftar nama pejabat yang dilantik, sebagai berikut:

1. Dr. Deni Suardini, SE, AKT, M.M, CFRA, CA, QIA sebagai Inspektur Jenderal

2. Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Islam

3. Yohanes Bayu Samodro, S.Pd, M.Pd sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik

4. Dr. Tri Handoko Seto, S.Si, M.Sc sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu

5. Prof. Dr. Achmad Gunaryo, MsocSc sebagai Kepala Balitbang Diklat.

Penulis/Editor : Hardianto/Oka Suryawan