25.8 C
Denpasar
29/11/2021, 10:52 AM
TeknologiGadgetLaunching Dua Produk Baru, OPPO Semakin Manjakan Pengguna Smartphone

Launching Dua Produk Baru, OPPO Semakin Manjakan Pengguna Smartphone

balipuspanews google news

JAKARTA,  Para pecinta ponsel OPPO kini semakin dimanjakan dengan munculnya dua seri terbaru OPPO A52 dan OPPO A53. Keduanya adalah seri terbaru perangkat smartphone OPPO di tahun 2020. OPPO A52 dirilis secara global pada bulan April.

Perangkat smartphone ini baru diboyong ke Indonesia sebulan setelahnya. Sedangkan, OPPO A53 baru dirilis di penghujung bulan Agustus kemarin. Dari segi penampilan fisik, baik OPPO A52 dan OPPO A53 terlihat sangat mirip. Bahkan, banyak yang kesulitan menemukan perbedaannya.

Jika Anda melihat secara seksama, kedua perangkat tersebut sebenarnya memiliki sejumlah perbedaan. Ingin membeli smartphone OPPO baru, namun bingung menentukan antara OPPO A52 atau OPPO A53? Berikut adalah ulasan tentang perbedaan spesifikasi antara kedua perangkat smartphone terbaru dari OPPO tersebut.

Pertama, tampilan Body dan Warna, OPPO A52 hadir dengan tampilan body yang elegan dengan ketebalan 8.9 mm. smartphone berbobot 192 gram ini terlihat langsing dan tentunya dapat membuat Anda terlihat semakin percaya diri. Perangkat smartphone ini hadir dengan 2 pilihan warna, yaitu Twilight Black dan Stream White. Tampilan layar nyaris bezelless membuat layar OPPO A52 terlihat lebih lebar.

Hal yang berbeda dapat Anda amati pada perangkat OPPO A53. Smartphone besutan OPPO di bulan Agustus ini memiliki body yang lebih tipis jika dibandingkan dengan seri A52. OPPO A53 mengusung body dengan ketebalan 8,4 mm.

Namun, bobot dari smartphone ini memang sedikit lebih berat, yaitu sekitar 186 gram. Tampilan layar juga terlihat lebih sempit, walaupun OPPO A53 sama-sama mengusung desain punchhole untuk rumah dari lensa kamera depan. Untuk varian warna, OPPO A53 memang menawarkan pilihan yang lebih beragam. Anda dapat memilih variasi warna Fairy White, Electric Black, atau Fancy Blue.

Kedua, tampilan Layar seperti yang sempat diulas sekilas di atas, OPPO A52 memiliki tampilan layar yang lebih luas. Perangkat smartphone ini mengusung layar tipe LTPS IPS LCD dengan 480 nits. Layar smartphone ini membentang selebar 6.5 inch dengan rasio screen-to-body mencapai 83.4%. Anda pun dapat memperoleh tampilan layar sepanjang badan yang sangat luas dan memuaskan. Untuk resolusi layar, smartphone OPPO ini mengusung resolusi sebesar 1080 x 2400 pixel.

Sekarang, saatnya Anda menilik spesifikasi tampilan layar yang dimiliki OPPO A53. Walaupun sama-sama mengusung layar seluas 6.5 inch, rasio antara layar dengan body pada smartphone ini sedikit berbeda dibandingkan A52. Smartphone ini mengusung rasio yang lebih kecil, yaitu hanya sekitar 82.9% saja. Sedangkan, jenis layar yang digunakan OPPO A53 adalah tipe layar IPS LCD.

Untuk kualitas resolusi, OPPO A53 memang memiliki resolusi yang lebih rendah dibandingkan kakaknya. Resolusi layar dari smartphone ini hanyalah sekitar 720 x 1600 pixel. Hanya saja, ada satu keunggulan yang dimiliki OPPO A53 ini. Yaitu, adanya perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3. Dengan adanya perlindungan layar Corning Gorilla Glass, Anda tidak perlu khawatir layar akan tergores kuku atau permukaan benda tumpul saat tak sengaja terjatuh dari genggaman.

Ketiga, dapur Pacu. Dari segi komponen mesin, OPPO A52 sekilas memang terlihat lebih unggul. Smartphone OPPO ini mengusung tipe chipset Snapdragon 466 dari Qualcomm yang telah teruji ketangguhannya. Sedangkan untuk sektor kartu grafis, OPPO A52 didukung dengan Adreno 610 yang mampu menghasilkan kualitas grafik memukau. Untuk platform OS, OPPO A52 mengusung sistem operasi Android 10 yang juga didukung dengan sistem interface dari ColorOS 7.1. Perpaduan komponen yang dimiliki oleh seri OPPO ini menjamin performa yang maksimal dan mampu mengakomodasi segala kebutuhan Anda.

Tak jauh berbeda, OPPO A53 juga mengusung chipset Qualcomm Snapdragon. Hanya saja, OPPO tidak menggunakan tipe yang sama dengan OPPO A52. Seri OPPO A53 ini mengusung Qualcomm Snapdragon 650 sebagai chipsetnya. Walaupun berada di bawah Qualcomm milik OPPO A52, Anda tidak perlu ragu-ragu memilih OPPO A53. Karena, performa dari chipset ini tetap dapat diandalkan.

Untuk platform OS dan GPU, OPPO A53 sama-sama menggunakan Android 10 dan Adreno 610, Hanya saja, untuk tampilan interface, OPPO menyematkan ColorOS 7.2 pada perangkat smartphone ini. Sehingga, jangan heran jika tampilan antarmuka smartphone ini terlihat lebih segar dan canggih dibandingkan seri pendahulunya.

Keempat, kapasitas memori. Dari segi kapasitas memori, OPPO A52 memiliki variasi RAM yang lebih bervariasi dibandingkan adiknya. OPPO A52 memiliki pilihan RAM mulai dari 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Sedangkan, dari segi memori internal, smartphone ini memiliki ruang penyimpanan seluas 64 GB dan 128 GB.

Berbeda dengan OPPO A53 yang hanya memiliki 2 pilihan kapasitas RAM. Anda dapat memilih variasi RAM 4 GB atau 6 GB. Ini mungkin lebih berguna bagi Anda yang tidak terlalu memusingkan kapasitas RAM. Terutama, jika Anda tidak terlalu sering menggunakan smartphone untuk bermain game. Sedangkan, untuk ruang penyimpanan internal, smartphone ini memiliki kapasitas yang sama dengan OPPO A52.

Kelima, sektor kamera. Bagi Anda yang hobi berswafoto, tentunya sudah tak sabar untuk membaca ulasan kamera yang dimiliki kedua perangkat ini. OPPO A52 mengusung Quad camera dengan resolusi kamera utama sebesar 12 MP. Performa kamera tersebut didukung dengan lensa ultrawide beresolusi 8 MP, lensa makro dengan resolusi 2 MP, dan lensa kedalaman yang memiliki resolusi 2 MP.

Untuk kamera depan, smartphone OPPO A52 ini dibekali dengan kamera selfie seluas 16 MP. Perekaman video dengan menggunakan kamera belakang smartphone ini menghasilkan output video yang mencapai resolusi 4K. Sedangkan, video yang direkam oleh kamera selfie memiliki resolusi HDR yang juga cukup memuaskan.

Dari segi kamera selfie, OPPO A53 juga memiliki lensa kamera depan yang beresolusi 16 MP. Namun, perbedaan terletak pada lensa kamera belakang. Jika A52 dibekali dengan quad-camera, maka A53 mengusung spesifikasi triple camera. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama yang beresolusi 13 MP, lensa makro beresolusi 2 MP, dan lensa kedalaman dengan resolusi 2 MP.

Walaupun hanya mengusung 3 lensa kamera, namun gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang terbaik. Dari sektor perekaman video, hasil video kamera belakang yang dimiliki OPPO A53 ini memiliki resolusi 1080 pixel dengan kemampuan fps mencapai 30fps.

Untuk kamera depan pun mengusung resolusi yang sama. Ini tentunya bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi Anda yang hendak menggunakan smartphone ini untuk keperluan vlogging atau dokumentasi.

Keenam, baterai. Dari segi baterai, baik OPPO A52 dan OPPO A3 tidak memiliki perbedaan sama sekali. Kedua perangkat smartphone ini sama-sama mengusung baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh.

Dengan adanya kapasitas baterai jumbo tersebut, Anda jadi dapat melakukan berbagai macam aktivitas dengan smartphone ini secara leluasa. Anda tidak perlu khawatir baterai akan habis di tengah-tengah aktivitas penting.

Apalagi, ditambah dengan fitur Fast Charging berkapasitas 18W yang ditanamkan pada kedua seri smartphone ini. Ini tentunya menjadi penawaran yang sangat menggiurkan, baik bagi Anda yang gemar streaming film maupun bermain mobile games selama berjam-jam.

Ketujuh, harga. Hal terakhir yang dapat Anda jadikan pembanding antara OPPO A52 dan Oppo A52 adalah harga. OPPO A52 dijual dengan kisaran harga Rp 2.899.000. Sedangkan, OPPO A53 dijual di kisaran harga yang lebih terjangkau.

Seri smartphone OPPO ini dijual di kisaran harga Rp2.499.000. Pastinya, hal ini menjadi sesuatu yang sangatlah penting dalam memilih smartphone. Apabila Anda memiliki budget yang minimalis, maka ada baiknya untuk memilih seri A53.

Apalagi, setelah dibandingkan, seri smartphone ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu banyak jika dibandingkan dengan OPPO A52. Jika Anda menginginkan perangkat smartphone yang lebih mumpuni dan memiliki budget yang lebih, boleh saja memilih OPPO A52 sebagai smartphone pilihan.

Yang penting diketahui adalah cara tepat merawat Baterai OPPO. Setelah melihat perbandingan di atas, Anda tentunya merasakan bahwa baik OPPO A52 dan OPPO A53 hanya memiliki perbedaan yang tipis. Namun, keduanya memiliki satu kesamaan, yaitu penggunaan baterai tanam.

Apabila baterai tanam tersebut rusak, maka Anda tidak dapat menggantinya. Itu artinya, Anda harus membeli smartphone yang baru. Agar hp OPPO Anda menjadi lebih awet, berikut adalah tips merawat baterai tanam yang dimiliki OPPO A52 dan A53.

Pertama, gunakan Kepala Charger HP OPPO yang Original. Kelihatan sangat sepele, memang. Namun, tahukah Anda bahwa kepala charger ternyata menentukan keawetan baterai. Hal ini dikarenakan kepala charger memiliki fungsi untuk menghantarkan daya listrik dari sumber listrik melalui kabel ke perangkat smartphone Anda. Tiap kepala charger memiliki tegangan atau daya yang berbeda-beda. Apabila tegangan tersebut berbeda dari yang dibutuhkan baterai hp OPPO Anda, hal tersebut akan berptoensi mengakibatkan baterai menjadi lebih cepat rusak.

Kedua, gunakan Kabel Charger OPPO Original. Bukan iklan, namun ini fakta adanya. Menggunakan kabel charger yang bukan produk asli dari OPPO dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai. Fungsi kabel memang tak lain sebagai penghantar listrik dari kepala charger ke hp Anda. Namun, menggunakan kabel charger yang abal-abal dapat mengakibatkan aliran arus menjadi tidak stabil. Ini sangatlah berbahaya. Karena, hal tersebut dapat mengakibatkan hp Anda mengalami konsleting. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak sembarangan meminjam kabel charger selain produk ori dari OPPO.

Ketiga, Hindari Overcharging. Fitur Fast Charging yang tertanam pada OPPO A52 dan A53 memang sangatlah menguntungkan. Karena, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama hingga pengisian daya baterai tuntas dilakukan. Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap resiko overcharging.

Ini biasa terjadi jika Anda tidak mengestimasi waktu pengisian daya hingga baterai terisi penuh. Saat ini, OPPO memang belum mengembangkan fitur yang memutuskan aliran listrik secara otomatis begitu baterai smartphone terisi penuh. Ini artinya, Anda lah yang harus mengira-ngira.

OPPO mengklaim bahwa kemampuan Fast Charging yang dimiliki OPPO A52 dan A53 ini mampu mengisi daya hingga penuh dalam jangka waktu setengah jam. Ada baiknya untuk mengingat-ingat halt tersebut. Dengan demikian, baterai smartphone Anda pun tidak akan mengalami overcharging.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan antara OPPO A53 dan A53. Selain itu, Anda juga jadi lebih mengetahui cara yang tepat untuk menjaga agar baterai tanam dari OPPO awet. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

PENULIS/EDITOR : Oka Suryawan

- Advertisement -
- Advertisment -
Balipuspanews TV
Video thumbnail
DPRD Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan
01:01
Video thumbnail
Pemberlakuan PPKM, Pedagang dari Luar Karangasem Sementara Dilarang Berjualan di Pasar Tradisional
01:55
Video thumbnail
Kemunculan Seekor Buaya Muara di Sungai Sangsang Lebih Gegerkan Warga
03:59
Video thumbnail
Alat Berat Hingga Senderan Tersapu Aliran Banjir di Tukad Janga
01:48
Video thumbnail
Bea Cukai Musnahkan Barang Bukti Hasil Sitaan Senilai Rp 83,2 Juta
02:02
Video thumbnail
BNNP Bali Gagalkan Penyelundupan 44 Kg Ganja Kering ke Bali
02:03
Video thumbnail
Air Sungai Candi Gara Meluap, Puluhan Rumah Warga di Desa Kusamba Terendam Banjir
02:49
Video thumbnail
Knalpot Brong Dilarang, Polantas Datangi Bengkel Modifikasi
02:19
Video thumbnail
Bersihkan Saluran Irigasi, Pria Asal Desa Nongan Ini Tewas Tertimpa Pohon Dapdap
01:32
Video thumbnail
Sampai Awal Juni Sudah 154 749 Warga Karangasem Divaksinasi Covid 19
01:56
Video thumbnail
40 Pegawai Dinas PUPR Karangasem Menjalani Tes Urine
01:54
Video thumbnail
Hendak Keluar Beli Makan, Seorang Warga di Desa Tista Temukan Mayat Bayi
01:48
Video thumbnail
Hilang Empat Hari, Pemancing Asal Banyuwangi Ini Ditemukan Tak Bernyawa
01:56
Video thumbnail
Harga Bahan Naik, Pengusaha Tahu dan Tempe di Buleleng Kebingungan Berproduksi
03:30
Video thumbnail
Melihat Warga Desa Abang, Karangasem Berburu Ulat Gayas yang Kaya Protein
02:37
Video thumbnail
Ciptakan Sungai Bersih, Kawasan Sungai Taman Pancing Dilengkapi Trash Walker
02:28
Video thumbnail
TPS Sadu Sumerta Kaja Ubah Sampah Jadi Pellet Pembangkit Listrik
03:31
Video thumbnail
Lomba Baleganjur se Bali, Diharapkan Generasi Muda Tetap Berkarya
02:30
Video thumbnail
Jaga Kelestarian, 54 Ekor Jalak Bali Dilepas Liarkan
02:45
Video thumbnail
Hidupkan Kewirausahaan, PKK Desa Batununggul, Nusa Penida Produksi Dupa
02:08
Video thumbnail
Libur Idul Fitri, Pantai Sanur Tetap Jadi Destinasi Favorit Dikunjungi Wisdom
03:41
Video thumbnail
912 Peserta Ikuti Pameran Bonsaidi Alun-alun Kota Gianyar
05:38
Video thumbnail
Pedagang Sudah Pindah, Aktivitas Pasar Banyuasri Telah Dijadwalkan
02:35
Video thumbnail
Longsor di Dua Desa Wilayah Kecamatan Sawan, Kerugian Diperkirakan Ratusan Juta
02:30
Video thumbnail
Putu Supadma Rudana, MBA Mengajak Seluruh Masyarakat untuk Selalu Menerapkan 3M
02:35
Video thumbnail
Pedoman Perayaan Tahun Baru
00:54
Video thumbnail
Strategi Museum Rudana Menjaga Eksistensinya di Tengah Pandemi | Talkshow
44:25
Video thumbnail
Tempat Karaoke Terapkan Prokes, Sterilkan Microphone dengan Mesin Laser
03:13
Video thumbnail
Kebiasaan Baru yang Diterapkan Ketika ke Museum
01:03
Video thumbnail
Ketua Komisi IVDPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana,S.Pd Mengajak Masyarakat Disiplin Terapkan Prokes
01:52
Video thumbnail
Kembali Gerebek Desa, Polsek Mengwi Lakukan Penyemprotan Disinfektan Dengan Mobil Water Canon
01:59
Video thumbnail
Tips Solo Travelling di Masa Pandemi
01:17
Video thumbnail
Situasi Ubud Menjelang Tahun Baru 2021
13:36
Video thumbnail
Polsek Selemadeg Barat Semprotkan Disinfektan di Rumah Warga yang Terpapar Covid-19
02:04
Video thumbnail
Tips Aman Menerima Paket di Masa Pandemi
00:42
Video thumbnail
Polres Badung Gelar Aksi Gerebek Desa, Cegah Penyebaran Covid-19
03:23
Video thumbnail
#ingatpesanibu Selalu Menerapkan 3M
00:36
Video thumbnail
Rencana Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021 di Kabupaten Tabanan | Talkshow
19:20
Video thumbnail
Tips Liburan Bersama Keluarga di Masa Pandemi
01:21
Video thumbnail
Minim Kasus Covid 19, Desa Kuwum Dinobatkan Sebagai Desa Tangguh Dewata Oleh Polres Badung
02:39
Video thumbnail
2 Cafe di Tabanan Tak Lengkapi Sarana Prokes,Tim Gabungan Sosialisasi SE Gubernur & Maklumat Kapolri
02:43
Video thumbnail
Tips Ketika Keluar Rumah di Masa Pandemi
01:11
Video thumbnail
Dalam Sehari Tim Yustisi Jaring 143 Pelanggar di Bangli
02:46
Video thumbnail
Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Anak Bermain di Taman Bermain
01:03
Video thumbnail
Aman Shopping ke Level 21 Mall di Tengah Pandemi Covid-19 | Talkshow
20:01
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbelanja di Mall
00:47
Video thumbnail
Etika Bersin yang Benar
00:45
Video thumbnail
Nak Ubud Gelar Pasar Kaget, Sebagian Hasil Penjualan Didonasikan Bagi yang Terdampak Covid 19
03:03
Video thumbnail
Tips Aman ke Bank di Masa Pandemi
01:00
Video thumbnail
Beri Kenyamanan Pengunjung, Objek Wisata Taman Nusa Terapkan Prokes Covid-19 | Talkshow
27:17
Member of