Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaNasionalJakartaLDD PHDI Pusat Dorong Pengembangan Kompetensi Dharma Duta

LDD PHDI Pusat Dorong Pengembangan Kompetensi Dharma Duta

JAKARTA, balipuspanews.com – Lembaga Dharma Duta (LDD) PHDI Pusat menyelenggarakan Webinar Serie 01 bertajuk ‘Pengembangan Kompetensi Dharma Duta’, pada Sabtu (25/9/2021) dihadiri 210 peserta.

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) RI, Tri Handoko Seto hadir menjadi Keynote Speaker pada webinar ini. Acara juga dihadiri Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya yang membuka kegiatan webinar ini.

Sambutan juga disampaikan Ketua Umum LDD Pusat Made Awanita, dan paparan narasumber antara lain Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat Kol. Inf. (Pur) I Nengah Dana dan Dosen STAH-DN I Wayan Budha.

Dalam paparannya, Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat, I Nengah Dana selaku narasumber diskusi membagikan trik dan tips untuk sukses menjadi dharma duta. Sejumlah hal bisa dijadikan pilihan untuk menjadi dharma duta yang disesuaikan pada bidang dan kemampuan tiap pedharma.

Menurutnya, di masa kini sejumlah instrumen teknologi dinilai bisa membantu guna suksesnya penyampaian dharma kepada umat Hindu, seperti: media televisi, YouTube, instagram, bahkan WAG dan tiktok (walau pun sifatnya terbatas), yang penting disesuaikan dengan isi pesan yang akan disampaikan.

BACA :  Diserang DB, Anak 6 Tahun di Klungkung Meninggal

Sementara itu, I Wayan Budha menguraikan perihal pentingnya memahami garis haluan dan sinergisitas setiap lembaga keumatan Hindu. I Wayan Budha menjelaskan satu persatu instansi pemerintah dan organisasi keagamaan Hindu (OKH), seperti Direktorat Jenderal Bimas Hindu, Parisada, WHDI, Prajaniti, Peradah, KMHDI, dan LDD Pusat.

Selain itu, I Wayan Budha juga menekankan tugas-tugas yang perlu diaktualisasikan, seperti melaksanakan dharma (dharma agama dan dharma negara); meningkatkan kualitas SDM Hindu; OKH menjunjung tinggi etika dan profesionalisme dalam berorganisasi; OKH dalam membina umat hendaknya berdasarkan Seva (pelayanan/melayani umat); OKH hendaknya menunjukkan karya-karya yang riil/nyata untuk dapat dinikmati oleh umat; OKH dapat memberikan keteduhan, kedamaian, keharmonisan baik dalam berorganisasi maupun dalam membina umat.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular