Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBulelengLegiun Veteran di Buleleng Minta Generasi Muda Tetap Ingat Semangat Perjuangan

Legiun Veteran di Buleleng Minta Generasi Muda Tetap Ingat Semangat Perjuangan

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak 24 veteran dan keluarga pahlawan di Kabupaten Buleleng diundang Pemerintah untuk mengikuti tatap muka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022, Kamis (11/8/2022) bertempat di Lobi Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Buleleng I Wayan Suwanda dalam sekapur sirihnya mengungkapkan seiring perjalanan waktu, berbagai perkembangan juga mengikuti.

Sehingga Penduduk yang kian bertambah, globalisasi, keterbukaan teknologi dan komunikasi yang makin canggih mengubah kehidupan masyarakat semakin kompleks. Hal ini tanpa disadari juga terjadi yaitu kehidupan masyarakat yang berubah baik pola pikir, pandangan, dan perilaku masyarakat.

“Akhirnya cukup banyak orang melupakan bahkan tak ada waktu untuk merenungkan sejenak bahwa apa yang didapat dan dinikmati saat ini tidak lepas dari jerih payah mereka yang berkorban di masa lalu,” terangnya.

Selain itu perjuangan dan pengorbanan untuk merebut kemerdekaan saat itu bukan semata-mata membebaskan diri dari belenggu penjajah semata, namun lebih jauh untuk meletakkan dasar yang kokoh bagi generasi berikutnya. Menuju cita-cita mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dalam NKRI.

BACA :  Pedagang Pindang Beralih Profesi jadi Pengoplos Gas, Jual Tabung Rp 200 Ribu

”Bung Karno juga pernah mengatakan, melupakan sejarah apalagi tidak mengetahui sejarahnya dengan paripurna merupakan keterbelakangan dan kebodohan tanpa kebanggaan. Padahal kebanggaan itu adalah motivasi dalam membentuk karakter yang tangguh, kokoh, harga diri, dan jati diri, serta cinta tanah air,” ungkap Suwanda.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra mengatakan momentum pertemuan ini merupakan kesempatan yang bagus bagi masyarakat Buleleng untuk memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para legiun veteran yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia di masa lalu.

“Kami menerima masukan-masukan yang luar biasa dari para veteran dalam tatap muka hari ini. Mereka juga tetap berpartisipasi melalui sumbangsih pemikirannya dalam membangun Buleleng secara utuh,” ujarnya.

Ditambahkan Sutjidra, setelah kemerdekaan tantangan kedepan tidaklah ringan bahkan tambah berat, khususnya masalah sosial yang sering dihadapi sekarang ini termasuk tantangan radikalisme.

Oleh karena itu, pihaknya berharap generasi muda dapat mengambil inspirasi dari perjuangan para pahlawan di masa lalu dalam mewujudkan Buleleng ke depan untuk melawan radikal yang sekarang ini menjadi fokus utama.

BACA :  Pemkot Denpasar Genjot Digitalisasi Belanja Daerah Lewat KKPD

Sementara itu, diakhir acara, Pemerintah Kabupaten Buleleng juga memberikan sembako kepada Anggota LVRI dan juga keluarga Pahlawan yang hadir.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular