Lewat Job Fair 2022, Bupati Harap Hasilkan Tenaga Kerja Handal

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat membuka Job fair 2022 dengan memukul gong
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat membuka Job fair 2022 dengan memukul gong

BULELENG, balipuspanews.com – Buleleng Job Fair 2022 telah resmi dibuka oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng bertempat di Gedung Mr. I Gusti Pudja Eks Pelabuhan Buleleng, Rabu (29/6/2022).

Melalui kegiatan itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnya berharap nantinya bisa hasilkan tenaga kerja yang memiliki kualitas dan daya saing.

Bahkan jika dengan sudah terjaminnya kualitas dan daya saing para pekerja maka pemberi kerja atau pembisnis mampu menciptakan inovasi baru sesuai dengan tren pasar di negara-negara maju saat ini.

“Memang ada hal-hal yang harus kita lihat mana yang boleh atau tidak. Karena kita masih tetap menjaga budaya Bali sebagai pakem pariwisata Bali. Tapi mau tidak mau pasti berkembang karena lifestyle sudah begitu,” tegas Bupati asal Desa Banyuatis itu.

Baca Juga :  Ratusan Atlet dari 14 Provinsi di Indonesia Ramaikan Kejuaraan Fin Swimming Antar Pelajar Klungkung Bali Open 2022

Disisi lain, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng, Komang Sumertajaya mengatakan kegiatan Job Fair ini adalah arahan dari Kementerian Tenaga Kerja yang semua daerah diinstruksikan untuk melakukan itu.

Kemudian Job Fair kali ini akan terselenggara selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2022. Sebanyak 20 perusahaan akan dilibatkan di sini untuk dapat menyerap 2980 tenaga kerja.

Kadis Sumertajaya menekankan agar kualitas pencari pekerjaan bisa lebih ditingkatkan dengan cara mengikuti pelatihan dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

Sehingga dengan mengikuti pelatihan itu potensi dan kualitas pencari kerja bisa terlihat dan mampu bersaing nantinya di pasar kerja.

“Jadi, kita fasilitasi Job Fair ini. Kita pertemukan di sini antara pencari kerja dengan pemberi kerja. Mudah-mudahan Job Fair ini bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan,” harapnya.

Baca Juga :  Gubernur Koster Perjuangkan Nasib Tenaga Kontrak di Pemprov Bali

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Desa Kaliasem, Kadek Edi Suarnaya menyambut baik acara Job Fair ini. Sebab banyak pilihan pekerjaan yang ditawarkan penyedia pekerjaan dari masing-masing perusahaan. Tentunya Job Fair dapat mempermudah akses bagi orang-orang yang mau mencari pekerjaan.

Edi Suarnaya berharap, semoga dengan diselenggarakannya Job Fair ini dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Buleleng.

“Di sini banyak ada pilihan pekerjaan. Kita bisa datang ke sini tanpa harus mendatangi perusahaan secara individu, selain hemat waktu dan ongkos,” ujarnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan