Rabu, Februari 28, 2024
BerandaBulelengLibatkan 400 Orang, KPU Buleleng Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara

Libatkan 400 Orang, KPU Buleleng Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara

BULELENG, balipuspanews.com – Proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 mulai dilakukan KPU Kabupaten Buleleng. Pelipatan surat suara telah dimulai sejak Senin (4/12/2023) pagi oleh 400 orang tenaga pelipat di Gudang Logistik KPU Buleleng.

Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana menyebutkan ada sebanyak 653.117 lembar surat suara dan 1.217 kotak suara telah sampai di Gudang Logistik pada Minggu kemarin, (3/12/2023). Terkait itu, pihaknya langsung melakukan langkah cepat dengan mengerahkan 400 tenaga pelipat yang sebelumnya telah lolos registrasi pendaftaran.

“Hari ini kami mulai penyortiran dan pelipatan surat suara, ada 400 orang tenaga yang kami bagi jadi 40 kelompok. Setiap kelompok kami tunjuk 1 orang koordinator agar lebih mempermudah proses pendataan laporan jumlah lipatan surat suara yang dikerjakan,” sebutnya.

Dudhi menambahkan, surat suara yang sudah terkumpul di Gudang Logistik KPU Buleleng adalah surat suara DPR RI, DPR Provinsi dan juga DPR Kabupaten/Kota. Dalam proses pelipatan nanti, akan langsung melakukan evaluasi terhadap hasil jumlah lipatan surat suara yang mampu dikerjakan tenaga pelipat. Sehingga apa yang menjadi tujuan yang sudah teragenda dapat tercapai dengan lancar dan tepat waktu.

BACA :  Tiga Calon Dirut Perumda Tribhuwana Jalani Tes Wawancara Akhir

Sementara itu, dalam rangka mengamankan proses pelipatan surat suara, KPU Buleleng juga bersinergi dengan Polres Buleleng untuk membantu melakukan pemeriksaan terhadap tenaga pelipat. Sehingga dalam proses pelipatan benar-benar steril dari barang-barang yang tidak diperbolehkan sesua ketentuan.

Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol I Nyoman Wiranata menerangkan proses pengawasan melibatkan sebanyak 34 personel untuk melakukan pemeriksaan terhadap 400 tenaga pelipat sebelum masuk Gedung Logistik KPU Buleleng.

“Hasil koordinasi kami dengan KPU Buleleng sebelumnya telah menyepakati agar seluruh tenaga pelipat tidak membawa barang bawaan ketika masuk gedung logistik. Seperti korek api, sajam, handphone, termasuk makanan dan minuman. Semua harus steril disini,” tegas dia.

Sementara disinggung soal kondisi keamanan di Kabupaten Buleleng menjelang Pemilu 2024, pihaknya menjelaskan jika masih sangat aman dan pemasangan alat peraga kampanye yang masih berlangsung juga berjalan dengan tertib. Meski demikian dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di Buleleng menjelang dan saat Pemilu berlangsung.

“Mari bersama-sama menjaga Buleleng tetap aman dan kondusif, sukseskan Pemilu nanti dengan datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024,” ajaknya.

BACA :  Belum Layak Jadi Kurnas, Puti Sarasvati: Kurikulum Merdeka Harus Dievaluasi Menyeluruh

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular