Libur Sekolah, Denpasar Gelar Workshop Coding dan Seminar Digital Parenting

Pelaksanaan Coding Workshop – Challenge dan Seminar Digital Parenting yang berlangsung di di Ruang Audio Visual Dharma Negara Alaya, Senin (27/6/2022)
Pelaksanaan Coding Workshop – Challenge dan Seminar Digital Parenting yang berlangsung di di Ruang Audio Visual Dharma Negara Alaya, Senin (27/6/2022)

DENPASAR, balipusapnews.com – Liburan anak sekolah di Kota Denpasar bukanlah semata liburan biasa. Namun menjadi liburan kreatif karena diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan pengetahuan dan skill anak-anak sekolah.

Salah satunya yang digelar Pemerintah Kota Denpasar dengan gelaran Coding Workshop – Challenge dan Seminar Digital Parenting.

“Coding Workshop-Challenge dan Seminar Digital Parenting dilaksanakan untuk menyiapkan anak-anak dan keluarga agar siap dan unggul dalam era transformasi digital,” ujar Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa SE MM didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar Dr. I.B. Alit Adhi Merta S.STP, M.Si saat ditemui di Ruang Audio Visual Dharma Negara Alaya, Senin (27/6/2022).

Acara yang dibuka dengan pengalungan tanda peserta ini kolaborasi dengan startup Koding Academi-Bamboomedia ini diikuti 30 anak-anak SD-SMP (Coding Workshop) dan 50 orangtua dan umum (Seminar Digital Parenting).

Sesi seminar yang bertajuk “Menjadi Smart Parents di Era Digital : Tips Bijak Menggunakan Gadget Hingga Menata Finansial Keluarga” menghadirkan psikolog, praktisi perbankan dan founder startup.

Baca Juga :  Kembangkan Calon Wirausaha, Badung Gelar “UMKM Badung Expo”

Gelaran Kominfos ini juga dilaksanakan untuk memeriahkan Peringatan ke-4 Bulan Bung Karno tahun 2022 di Kota Denpasar.

Kadis Kominfos IB Alit Adhi Merta menambahkan bahwa perkembangan transformasi digital amat cepat dan perlu diantisipasi semua pihak.

“Salah satu dampak yang mesti dicermati adalah prediksi menghilangnya beberapa jenis pekerjaan karena digantikan penerapan teknologi,” jelas alumnus Unud ini.

Diharapkan melalui kegiatan ini, para orangtua dan anak-anak bisa menyiapkan pengetahuan dan skill yang tepat, agar tetap unggul dan mempunyai masa depan yang baik di tengah ketatnya persaingan dan pesatnya kemajuan teknologi.

“Pemahaman dan menyelaraskan gerak langkah terhadap kemajuan teknologi sangat penting agar anak-anak dapat disiapkan dengan baik dan mempunyai masa depan yang penuh harapan,” jelas mantan Kabag Organisasi Setda Kota Denpasar ini.

Baca Juga :  Indonesia Harus Mampu Menjadi Produsen Kendaraan Listrik

Sementara itu Founder Koding Akademi, A.A. Gde Rai Adi Putra, Dipl.-inf., menyampaikan bahwa bahasa dalam coding memiliki peranan besar dalam kehidupan manusia di masa depan.

“Karena coding membantu manusia berkomunikasi dengan komputer, mesin dan peralatan elektronika lainnya,” jelasnya.

Koding Akademi dalam acara ini mengajarkan anak-anak agar dapat mengeksplorasi teknologi digital sehingga dapat lebih produktif dengan kemajuan teknologi dan penggunaan gadget.

“Selamat datang di masa depan, segera siapkan putra/putri anda dengan skill masa depan,” pungkasnya.

Salah satu peserta Coding Workshop dan Challenge, Putu Daniswara Artasurya, menyambut antusias kegiatan ini.

“Kegiatan semacam ini bagus sekali karena bisa menambah kreatifitas dan pengalaman disamping juga menambah ilmu saat tengah liburan sekolah,” jelas siswa kelas 6 SD yang berhasil meraih juara 1 dalam Coding Challenge yang digelar usai pelaksanaan workshop.

Menurutnya, kegiatan kreatif yang dilaksanakan saat libur panjang semacam ini dapat menjadi alternatif kegiatan yang bermanfaat.

Baca Juga :  Mahasiswa Arizona University Belajar Bahasa Indonesia di UNR

“Daripada hanya sekedar menggunakan gadget untuk aktifitas bermain, belajar coding menjadi menarik dan bermanfaat bagi anak-anak,” jelas Ayu Waisantini, orangtua Putu Daniswara Artasurya.

Menurutnya, dengan belajar coding anak-anak diajar berlatih menggunakan logika berpikir serta dapat memanfaatkan gadget untuk aktivitas yang bermanfaat.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kominfos menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank BPD Bali Cabang Denpasar serta jajaran Perumda di Kota Denpasar.

“Karena dengan dukungan dan semangat Vasudaiva Kutumbhakam, semangat menyama braya, dengan waktu persiapan yang amat singkat, kegiatan yang bermanfaat mengisi liburan anak sekolah di Kota Denpasar ini dapat digelar dengan baik,” jelas Gus Alit demikian panggilan akrabnya.

Termasuk juga, katanya dukungan dan fasilitasi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga serta Dinas Pariwisata Kota Denpasar sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan