persiapan pengamanan Nataru sudah tidak ada masalah.
persiapan pengamanan Nataru sudah tidak ada masalah.

NEGARA,balipuspanews.com- Persiapan untuk pengamanan liburan Natal dan tahun Baru (Nataru) memang sudah selesai dilakukan. Untuk jalur lalulintas maupun antisipasi antrean kendaraan di Gilimanuk dan kapal-kapal yang melayani penyebrangan di selat Bali juga sudah tidak ada masalah. Namun kemungkinan yang menjadi kendala adalah pasang surut air laut di pelabuhan Gilimanuk.

Kemungkinan terganggunya aktivitas penyebrangan akibat pasang surut air laut itu terungkap saat Karo Ops Polda Bali Kombespol Djoko Prihadi, Sabtu (21/12) memantau [ersiapan menyambut Nataru di Jembrana.

Karo Ops yang didampingi kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Winawa memantau persiapan mulai sepanjang jalana raya jurusan Denpasar-Gilimanuk sampai di pelabuhan Gilimanuk. Saat mengecek pos terpadu di pelabuhan Gilimanuk,

Karo Ops menyampaikan secara umum persiapan pengamanan Nataru sudah tidak ada masalah. Yang perlu diantisipasi sesuai masuk Kapolres yakni pasang surut air laut karena bisa menganggu bongkar muat kapal di dermaga landing cradft macine (LCM) pelabuhan Gilimanuk.

Sebab jika air terlalu surut maka kapal tidak bisa sandar sehingga akan mengakibatkan penumpukan kendaraan di pelabuhan yang bisa memicu terjadinya antrean.

“ Meski air surut tidak terlalu lama, namun Ini harus diantisipasi misalnya dengan mengatur bongkar muat di dermaga lain yang tidak terpengruh air surut agar bisa lebih cepat sehingga tidak terjadi antrean,” ujarnya.

Selain itu juga bisa memanfaatkan kantong parker untuk penampuang sementara kendaraan yang juga dilengkapi fasilitas seperti warung atau kafe mini agar mereka yang ngatre tidak jenuh.

“Untuk di Gilimanuk kita koordinasikan dengan isntasi terkait termasuk ASDP. Kapal harus disiapkan dengan baik dan jumlahnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi penguna jasa penyebrangan. Begitupula dnegan loket tiket dan loket isi ulang kartu non tunai,” ungkapnya.

Selain itu dengan adanya peningkatan volume kendaraan maupun orang yang keluar masuk Bali sepanjang jalur yang dilakukan Polres juga sudah siap. Pos s-pos pelayanan dan pos pengamanan juga sudah dibuat.

“Persiapan sudah kita lakukan. Selain kepolisian juga bersama TNI dan instansi terkait lain untuk bersama-sama mengamankan Nataru ini. Baik pengamanan tempat ibadah tempat wisata dan jalur lalulintas. Seterilisasi Gereja dan tempat pusat acara meyambut tahun baru juga kita lakukan,”jelasnya. (nm/bpn/tim)