Liga Inggris: Rafael Benitez Resmi Dipecat Everton

Pelatih Everton Rafael Benitez yg baru saja dipecat Everton
Pelatih Everton Rafael Benitez yg baru saja dipecat Everton

Inggris,  Rafael Benitez dipecat sebagai manajer Everton pada hari Minggu setelah hanya 200 hari bertugas di klub Liga Premier yang sedang berjuang . Benitez adalah penunjukan yang tidak populer pada Juni tahun lalu setelah masa kerjanya yang panjang dengan rival Everton di Merseyside, Liverpool. Pembalap Spanyol membayar harga untuk menjalankan sembilan kekalahan menyedihkan dalam 13 pertandingan liga terakhir Everton, yang berpuncak pada kekalahan 2-1 di Norwich pada hari Sabtu. “Klub Sepak Bola Everton dapat mengonfirmasi kepergian Rafael Benitez sebagai manajer tim utama,” demikian pernyataan klub. “Benitez, yang bergabung dengan Everton pada Juni 2021, telah meninggalkan klub dengan segera. Pembaruan tentang pengganti permanen akan dilakukan pada waktunya,” tambahnya.

Mantan penyerang Everton Wayne Rooney, yang saat ini tampil impresif sebagai manajer Derby lapis kedua, adalah favorit para bandar untuk menggantikan Benitez.

Baca Juga :  Ratusan Ikan Mas Koki Ditampilkan Saat Kontes Bemas Koki Tahun 2022

Rooney adalah penggemar masa kecil Everton yang memiliki dua mantra di klub sebagai pemain di kedua sisi waktu yang sukses di Manchester United.

Dia telah membuat Derby tetap kompetitif di Kejuaraan meskipun berurusan dengan sepasang pengurangan poin dan penurunan administrasi klub.

Mantan rekan setim Rooney di Everton, Frank Lampard, yang dipecat Chelsea tahun lalu, adalah pesaing lain untuk pekerjaan itu.

Bos Brighton, Graham Potter dan Paulo Fonseca, yang pekerjaan terakhirnya bersama Roma, juga berpeluang besar.

Di bawah Benitez, Everton hanya memperoleh 19 poin dalam 19 pertandingan liga, penghitungan terendah mereka di pertengahan musim sejak 2005-06.

Fans Everton telah menjelaskan keinginan mereka agar Benitez disingkirkan saat kalah tipis di Norwich.

Baca Juga :  Wisatawan Arab Tewas Saat Rafting di Telaga Dwaja

Mereka meneriakkan pemecatannya dan mengangkat spanduk bertuliskan ‘Benitez keluar dari klub kami’, sementara seorang pendukung menyerbu lapangan dalam upaya untuk menghadapi mantan bos Real Madrid itu.

Everton mengadakan pertemuan dewan darurat pada Sabtu malam untuk membahas masa depan Benitez, dengan pembicaraan yang mengarah pada kepergiannya pada hari Minggu.

Penunjukan kontroversial Benitez untuk menggantikan Carlo Ancelotti setelah pemain Italia itu pindah ke Real Madrid adalah pertaruhan besar oleh pemilik Everton Farhad Moshiri.

Benitez telah membuat marah penggemar Everton dengan menggambarkan mereka sebagai klub “kecil” selama waktunya di Liverpool, yang ia pimpin untuk kemenangan final Liga Champions melawan AC Milan pada tahun 2005.

Baca Juga :  371 Guru Kontrak Diverifikasi PPPK

Polisi Merseyside menyelidiki spanduk ancaman di dekat rumah Benitez yang berbunyi: ‘Kami tahu di mana Anda tinggal, jangan tanda tangani’ sebelum pengangkatannya.

Bulan lalu, Moshiri mendukung Benitez, mengklaim bahwa pemain berusia 61 tahun itu akan diberi waktu untuk memperbaiki keadaan dengan pemain baru dan pemain yang cedera kembali.

Tapi hasil Everton tidak menunjukkan tanda-tanda membaik dan, dengan suasana hati di antara para penggemar semakin beracun, jelas Benitez harus
pergi.

Di seberang Stanley Park, penggemar Liverpool merayakan masalah terbaru rival mereka dengan meneriakkan nama Benitez ketika berita pemecatannya mencapai Anfield selama pertandingan Liverpool melawan Brentford.

Benitez meninggalkan Goodison Park dengan Everton mendekam di peringkat 16, hanya enam poin di atas zona degradasi.