Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

GIANYAR, balipuspanews.com- Sebagai bentuk dari pertanggungjawaban pengurus, Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Pemkab Gianyar melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 di Balai Budaya Gianyar, Kamis, (24/1). RAT yang dihadiri Asisten Adminitrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Gianyar, I Wayan Suardana dimeriahkan dengan pementasan lagu serta undian berhadiah dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.

Pengurus KPN Pemkab Gianyar, Drs. I Wayan Sudarma melaporkan, jumlah anggota sampai akhir tahun buku 2018 berjumlah 2.142 orang, terdiri dari ASN dan non ASN. Terdapat peningkatan sebanyak 62 orang dari tahun 2017, sedangkan anggota yang mengundurkan diri sebanyak 57 orang. Dalam meningkatkan pelayanan kepada anggota berupa pinjaman, KPN Pemkab Gianyar mengadakan kemitraan di bidang permodalan dengan Bank BNI 1946, Bank BPD Bali, Bank Kesejahteraan Ekonomi Jakarta dan Surabaya, LPD Talepud serta LPD Mas. Serta mengadakan kemitraan dengan beberapa toko dan supplier yang ada di Gianyar dan kabupaten lain dalam meningkatkan pelayanan berupa kebutuhan pokok dan barang lainnya.

“ RAT merupakan tugas konstitusi sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota,” terang Sudarma.

Dikatakan Sudarma, jumlah pinjaman yang diberikan kepada anggota dalam tahun buku 2018 sebesar Rp. 36.608.000. Sedangkan, perkembangan SHU selama lima tahun terakhir mengalami peningkatan hingga  59.96 persen.

“ KPN juga menyalurkan bantuan kepada anggota dan keluarga untuk 175 orang sebesar Rp. 47.700.000 serta bantuan belangsungkawa kepada 10 orang sebesar Rp. 8.500.000,” imbuh Sudarma.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setda kab. Gianyar I Wayan Suardana mengatakan, RAT merupakan tanggung jawab pengurus dan pengawas sebagai bentuk keterbukaan, transparansi dan penerapan akuntabilitas kepada anggotanya dalam melaksanakan kegiatan selama satu tahun. RAT juga berfungsi sebagai forum untuk menyepakati rencana anggaran tahun berikutnya.

” Saya harap, KPN Pemkab Gianyar bisa meningkatkan pelayanan sehingga dapat menjadi percontohan koperasi-koperasi lainnya di Kabupaten Gianyar,” harap Suardana. (rls/bas)

Advertisement
Loading...

Tinggalkan Komentar...