Desa Duda Timur Karangasem bikin bilik sterilisasi untuk cegah warga kena corona
Desa Duda Timur Karangasem bikin bilik sterilisasi untuk cegah warga kena corona

KARANGASEM, balipuspanews.com – Desa Duda Timur, Selat, Karangasem selalu terdepan dalam berinovasi. Di tengah keprihatinan akibat corona, desa yang dipimpin oleh perbekel I Gede Pawana itu membikin bilik sterilisasi yang mulai terpasang di areal pintu masuk Kantor Desa setempat, Minggu (29/3/2020).

Bilik sterilisasi buatan Desa Duda Timur tersebut memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan lebar 2 meteran menggunakan kerangka aluminium berdinding plastik bening disetiap sisinya.

Bilik ini dilengkapi dengan saklar untuk menghidupkan dan mematikan pompa yang mengalirkan cairan disinfektan dari tangki menuju dua buah alat semprot yang terpasang dibagian atas bilik.

“ Kami buat sendiri bilik sterilisasi ini. awalnya sempat mau memesan di luar Bali. Tapi harganya mahal sampai 18 jutaan, sehingga kami inisiatif membuat sendiri,” kata Kepala Desa Duda Timur, I Gede Pawana ditemui usai melaksanakan ujicoba bilik sterilisasi, Minggu (29/03/2020).

Untuk biaya pembuatan bilik sterilisasi Desa Duda timur, komplit hingga tangki bekapasitas 520 liter beserta satu unit mesin pompa menghabiskan total biaya sekitar Rp 7 juta rupiah.

Menurut Pawana, untuk satu liter cairan disinfektan yang dipergunakan mampu untuk menyemprot sekitar 10 hingga 15 orang. Sehingga dengan tangki terisi penuh penggunaannya bisa menjangkau hingga ratusan orang.

Setelah melakukan uji coba dan tidak ada kendala, pihaknya juga berencana bakal membuat kembali satu bilik sterilisasi untuk nantinya dipasang diareal Pasar Pesangkan.

“Jika anggaran memadai rencananya kita mau buat bilik satu lagi untuk dipasang di Pasar Pesangkan,” terang Pawana. (igs/bas)