Jumat, April 19, 2024
BerandaOpini AndaListrik Antara Kebutuhan dan Penghematan

Listrik Antara Kebutuhan dan Penghematan

Opini,  balipuspanews. com -Lampu listrik digunakan untuk penerangan di rumah-rumah penduduk. Ada dua jenis lampu listrik yaitu lampu pijar dan lampu neon. Lampu pijar digunakan untuk penerangan di kamar tidur, sedangkan untuk penerangan di kamar tamu penduduk memasang lampu neon.

Listrik didapat dari tenaga air yang disebut pembangkit listrik tenaga air. Listrik juga dihasilkan dari tenaga angin yang dikenal dengan nama wind power plant atau pembangkit listrik tenaga angin. Di samping itu tenaga surya juga bisa sebagai sumber listrik yang lazim disebut solar cell. Diesel menghasilkan listrik dengan bahan bakar.

Kebutuhan listrik rumah tangga meliputi seterika listrik untuk merapikan pakaian kusut. Untuk memasak nasi ada peralatan listrik yang disebut dengan rice cooker. Untuk hiburan ada radio, tape dan televisi. Kini banyak ponsel memakai listrik dengan sistem charge batere.

PLN sebagai perusahaan listrik negara menghimbau pelanggan supaya menghemat penggunaan listrik. Pemadaman listrik secara bergantian sering dilakukan untuk mengatasi beban puncak listrik. PLN kerap kali menderita kerugian.

Sudahkah saudara menghemat listrik ?

Penulis : I Wayan Budiartawan

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular