Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBulelengLogistik Pemilu Mulai Diterima, Bawaslu Buleleng Akan Libatkan Panwascam

Logistik Pemilu Mulai Diterima, Bawaslu Buleleng Akan Libatkan Panwascam

BULELENG , balipuspanews.com – Memasuki tahapan persiapan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sejumlah logistik seperti bilik suara mulai telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng sejak Sabtu (14/10/2023) di Gudang Logistik yang berada di Jalan Dewata III Banjar Dinas Dauh Margi, Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Ketua KPU Kabupaten Buleleng Komang Dudhi Udiyana menyampaikan sampai dengan saat ini, logistik yang baru diterima pihaknya dalam tahapan persiapan logistik Pemilu 2024 masih hanya bilik saja. Dimana jumlah yang baru diterima sampai dengan berita ini diturunkan yakni sejumlah 6.500 bilik suara.

“Kita sebenarnya membutuhkan total sejumlah 9.100 bilik. Tapi hari ini baru datang 6.500 bilik, sisanya masih akan diterima pada pengiriman berikutnya,” sebutnya saat mengecek langsung bilik suara bersama ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng Kadek Carna Wirata.

Kemudian terkait logistik lainnya yang akan dibutuhkan dalam tahapan Pemilu nanti, Dudhi menegaskan semuanya masih dalam proses pemesanan. Sehingga nantinya semua logistik untuk Pemilu 2024 akan datang secara bertahap sesua proses pemesanan.

BACA :  Polresta Serahkan Bantuan Air Bersih Berupa Sumur Bor di Banjar Seblanga

“Kita berharap tidak akan ada kendala untuk logistik sehingga dalam proses pemungutan suara di Pemilu 2024 akan berjalan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Buleleng Kadek Carna Wirata mengaku untuk proses pengawasan penerimaan logistik berupa bilik suara sudah dilakukan. Untuk langkah ke depannya terkait proses pengawasan logistik sebagai penanggungjawab sesuai petunjuk Bawaslu RI adalah Koordinator Devisi (Kordiv) SDMO. Namun dikarenakan Kordiv sebelumnya telah mengundurkan diri maka tugas akan diambil oleh Wakil Koordinator Devisi (Wakordiv) yakni Gede Ganesha.

“Nanti Wakordiv akan mengkoordinir giat pengawasan logistik, namun untuk logistik yang datang hari ini (bilik suara) dalam proses pengawasannya tidak akan dilakukan setiap hari atau sewaktu-waktu. Kalau untuk logistik selanjutnya masih kami lakukan komunikasi dengan KPU,” terang Carna.

Carna pun mempertegas jika nantinya untuk logistik berupa surat suara sudah diterima atau ada di gudang KPU. Pihaknya baru akan melaksanakan pengawasan setiap hari dan akan dilakukan berdasarkan jadwal piket yang sudah diatur.

“Mengingat itu (pengawasan logistik,red) perlu dilakukan setiap hari dan mengingat keterbatasan SDM, bisa saja pengawasan surat suara (pelipatan dan settingnya, red) kami akan libatkan Panwascam,” pungkasnya.

BACA :  Pj Bupati dan Pj Gubernur Panen Cabai Bersama, Singgung Soal Penanganan Inflasi

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular