Selasa, Maret 19, 2024
BerandaBulelengLogistik Pilkel Segera Didistribusikan, Kadis : Sudah Dilebihkan 4 Persen

Logistik Pilkel Segera Didistribusikan, Kadis : Sudah Dilebihkan 4 Persen

BULELENG, balipuspanews.com – Segala persiapan terkait logistik Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak telah disiapkan menjelang hari pencoblosan yang akan berlangsung pada tanggal 31 Oktober 2021. Bahkan semua logistik itu segera akan dilakukan pendistribusian oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena mengatakan Pilkel Serentak akan dilakukan 40 desa di Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan sekitar lima hari lagi tepatnya pada tanggal 31 Oktober. Kini semua logistik sudah dalam tahapan pendistribusian yang akan dilaksanakan mulai besok (Rabu) sampai lusa.

Kemudian dalam beberapa hari lalu pihaknya sudah mempersiapkan logistik Pilkel berupa pelipatan surat suara, kotak suara, gembok, bilik, tinta, paku, bantalan, stiker segel gembok, stiker segel kotak suara. Targetnya di tanggal 29 Oktober 2021 sudah di desa masing-masing untuk di cek lagi oleh panitia Pilkel di desa.

“Kami masih mengecek jumlah logistik yang akan didistribusikan mulai besok. Ini bertujuan agar tidak ada kendala seperti kekurangan kotak suara dan lain sebagainya sesuai dengan data list logistik yang kami buat,sehingga saat pelaksanaan pilkel nanti berjalan dengan lancar,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/10/2021).

BACA :  Dispar Rancang Aplikasi Visit North Bali, Siap Sajikan Wisata di Buleleng

Selanjutnya untuk jumlah logistik yang akan didistribusikan, Ia memaparkan bahwa dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 139.160 DPT di 40 desa yang melaksanakan Pilkel dan sudah ditambahkan 4 persen untuk mengantisipasi adanya kerusakan surat suara dan hal lainnya, sehingga total surat suara sebanyak 144.726, dengan jumlah kotak suara sebanyak 369 buah.

“Sudah kami tambah lebih sekitar 4 persen sebagai antisipasi kalau ada kerusakan nantinya,” imbuhnya.

Kadis yang kerap disapa AJS ini menerangkan dari sisi pengamanan dalam Pilkel nanti, pihaknya sudah melakukan sinergi dan koordinasi dengan Bagian Ops Polres Buleleng dan siap untuk mendukung perhelatan Pilkel serentak, selain keterlibatan unsur desa masing-masing dengan Linmas dan Pecalang nantinya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular