Senin, Juni 17, 2024
BerandaBulelengLoka Pom Buleleng Temukan 8 Sarana Distribusi Tidak Penuhi Ketentuan

Loka Pom Buleleng Temukan 8 Sarana Distribusi Tidak Penuhi Ketentuan

BULELENG, balipuspanews.com – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Buleleng melaksanakan intensifikasi pengawasan pangan sejak awal Desember 2021 hingga awal tahun Januari 2021. Dalam pelaksanaannya Loka POM sudah melakukan kegiatan pada tahap kelima secara parsial maupun berkombinasi dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) terkait.

Dalam pengawasan yang telah dilakukan sejak tanggal 1 Desember sampai berita ini diturunkan Loka POM Kabupaten Buleleng telah menyasar sekitar 16 sarana distribusi ataupun retail yang ada di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana. Alhasil hampir 50 persen atau ada sekitar 8 sarana dari sasaran tersebut masih belum memenuhi ketentuan yang ada.

Dari 8 sarana tersebut beberapa yang masih ditemukan belum melakukan penataan dengan baik antara barang yang rusak ataupun kadaluwarsa dengan barang yang masih bagus serta telah siap diedarkan kepada konsumen, bahkan ada beberapa juga yang tidak memiliki izin untuk gudang penyimpanan barang.

“Hasil dari pengawasan yang kami lakukan akan kami tembuskan ke dinas terkait dan untuk selanjutnya kami akan melakukan pengawasan secara rutin,” ujar Kepala Loka POM Buleleng, Made Ery Bahari Hantana saat dikonfirmasi langsung usai melakukan pengawasan di salah satu gudang penyimpanan di Desa Panji, Rabu (29/12/2021).

BACA :  Ditetapkan Sebagai Tersangka, Boss Gas Langsung Ditahan

Tidak hanya itu, setelah mendapati sekitar delapan sarana yang belum memenuhi ketentuan pihaknya menghimbau masyarakat agar tetap waspada sebelum membeli makanan atau kebutuhan sehari-hari. Ia pun menyarankan agar masyarakat tidak melupakan Cek Klik yakni mengecek kemasan, label, izin edar, dan kadaluwarsa dari barang yang akan dibeli untuk dikonsumsi atau digunakan.

“Tanggung jawab utama konsumen adalah untuk melakukan pengecekan terhadap barang yang dibeli untuk dikonsumsi diri sendiri,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular