Loka Sabha VI Pratisentana AGPAG, Wayan Mara Terpilih secara Aklamasi

Wakil Bupati Wayan Arta Dipa (pegang panggul) didampingi Pengurus Pratisentana Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas saat membuka Loka Sabah VI, Minggu (27/11/2022)
Wakil Bupati Wayan Arta Dipa (pegang panggul) didampingi Pengurus Pratisentana Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas saat membuka Loka Sabah VI, Minggu (27/11/2022)

MANGGIS, balipuspanews.com – Dalam rangka meningkatkan srada bhakti terhadap kawitan dan membentuk struktur organisasi, Pratisentana Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas (AGPAG) melaksanakan Loka Sabha VI tingkat kecamatan, Minggu (27/11/2022) yang bertempat di Pura Arya Getas, banjar Kaler, Desa Antiga, Manggis, Karangasem.

Mengangkat tema “Bersama Kita Bisa Meningkatkan SDM AGPAG Menuju Karangasem Prakerti Nadi” yang dibuka oleh Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa, dengan agenda utama pembentukan struktur organisasi tingkat kecamatan. Berdasarkan hasil pleno, I Wayan Mara terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum AGPAG Kecamatan Manggis.

Ketua Panitia I Wayan Mara mengatakan dirinya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada semeton atas semangat dan kekompakan demi berjalan lancar Loka Sabha VI kecamatan Manggis ini.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pasemetonan Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin pasemetonan yang ada di Kecamatan Manggis hingga lima tahun nanti. Menurut Mara, tugas yang diembannya itu sangat berat, tapi demi menjalankan Bhisama Ida Bhatara Kawitan dia mengaku siap untuk ngayah.

“Sebagai pribadi yang masih sangat muda, tentu saya harus banyak belajar dan mohon tuntunan dari para tetua. Sesuai pesan Ketua Umum, sebagai program awal saya bersama pengurus yang lainnya selalu berusaha menyatukan pasemetonan agar benar-benar rumaket sesuai dengan visi misi Bhakti Satya lan Wirang sama pasemetonan,” pungkas pria yang juga Kepala Dusun Kaler, Desa Antiga ini.

Arta Dipa menegaskan, salah satu upaya untuk mempersatukan pasemetonan yaitu organisasi. Tanpa organisasi sulit rasanya pasemetonan untuk bersatu. Pihaknya berharap melalui Loka Sabha ini mampu melahirkan pemimpin-pemimpin yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu meningkatkan srada bakti terhadap leluhur.

“Pemimpin juga harus mampu membumikan ajaran leluhur yaitu Tri Hita Karana, dimana konsep leluhur kita ini sudah sangat jelas dan memiliki makna yang mendalam agar mampu menjalin hubungan baik dengan alam, sesama dan Tuhan sehingga terlahirlah kesejahteraan,” tegasnya.

Arta Dipa juga menegaskan agar pasemetonam tidak ada yang eksklusid, mengagung-agungkan pasemetonan dan pengkotak kotakan antar pasemetonan. Dengan bersatu di pasemetonan mari tingkatkan srada bahakti terhadap leluhur dan amalkan ajaran Hindu Bali.

Sementara Ketua Umum Prastisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas Kabupaten Karangasem, I Ketut Udiyana
berharap kepada pengurus terpilih agar mampu menjalankan program kerja ke depan dan mampu merangkul seluruh warga Pratisentana AGPAG di Kecamatan Manggis agar mampu meningkatkan rasa bhakti kepada kawitan atau leluhur berdasarkan spirit Bhakti Satya Wirang.

“Semoga kita bersama mampu memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Karangasem,” harapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membentuk kepengurusan di setiap kecamatan, untuk selanjutnya akan membahas program-program kerja yang sudah dibahas dalam Loka Sabha.

“Kami juga akan melakukan safari ke dadia-dadia untuk mensosialisasikan program kerja agar semeton tahu dan ikut mendukung program kerja kita bersama,” pungkasnya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan