Rabu, Oktober 21, 2020
Beranda Bali Gianyar Lomba Baca Cerpen Bahasa Bali Dilaksanakan Secara Online

Lomba Baca Cerpen Bahasa Bali Dilaksanakan Secara Online

GIANYAR, balipuspanews.com – Pandemi covid-19 tidak menjadi halangan bagi Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Blahbatuh menjalankan program kegiatannya.

Seperti pada bulan Oktober ini, dalam memaknai bulan bahasa dan Sumpah Pemuda mereka menggelar lomba membaca cerpen Bahasa Bali online. Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Blahbatuh, Ni Wayan Miani, Kamis (15/10/2020).

“Adapun latar belakang pelaksanaan lomba membaca cerpen berbahasa Bali online adalah berkaitan dengan momen bulan bahasa dan sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Dengan semangat pemuda yang bersemangat, diharapkan mampu turut berperan dalam memajukan bahasa sebagaimana yang tertuang dalam teks sumpah pemuda melalui pelestarian Bahasa Ibu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan berkaitan dengan fenomena generasi muda Bali khususnya di Kecamatan Blahbatuh. Sebab sebagian jarang mau belajar budayanya sendiri khususnya terkait dengan bahasa, aksara, dan kesusastraan Bali.

Dengan digelarnya lomba ini generasi muda yang memiliki bakat memiliki tempat untuk dapat menyalurkan, mengembangkan, dan mengasah potensi serta bakat mereka di bidang kesusastraan Bali.

“Lomba ini diharapkan dapat memunculkan motivasi remaja untuk belajar mengasah diri utuk mengembangkan kualitas diri mereka menjadi lebih berprestasi. Selain itu lomba ini bertujuan mencari bibit-bibit yang memiliki potensi di bidang Bahasa Bali untuk dapat dikembangkan lebih lanjut,” sambung Miani.

Ditambahkan kegiatan tersebut dimulai sejak 21 September 2020 hingga 24 Oktober 2020. Mulai proses pendaftaran, lomba membaca cerpen, penjurian, dan pada 24 Oktober nanti akan diumumkan pemenangnya.

“Untuk juaranya nanti dari panitia telah menyediakan piagam dan uang pembinaan,” imbuhnya.

PENULIS : Ketut Catur

EDITOR : Oka Suryawan

- Advertisement -

Kakek Gantung Diri di Gubuk Ditemukan Oleh Cucunya

ABIANSEMAL, balipuspanews.com -Seorang cucu, Putu Darmiati, 23, tidak menyangka menemukan kakeknya, Ketut Sumerta, 65, tewas gantung diri di gubuk sawah di Pondok Subak Munduk...

Kasus Dugaan Pemerkosaan Pelajar, Diduga Terjadi di Lima Tempat Berbeda Oleh 10 Pelaku

BULELENG, balipuspanews.com - Penyelidikan terhadap kasus dugaan pemerkosaan terhadap anak dibawah umur terus berlanjut. Kasus yang korbannya dibawah umur ini dari hasil penyelidikan sementara...
Member of