Jumat, Maret 29, 2024
BerandaAdvertorialLomba Layang – Layang Piala Dhananjaya 2 Siap Digelar Agustus

Lomba Layang – Layang Piala Dhananjaya 2 Siap Digelar Agustus

Rai Mantra Berikan Apresiasi, Sebut Jadi Wahana Penguatan Kebudayaan Bali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Tradisi bermain layang – layang atau melayangan memang sudah sangat kental di Bali, dimana pada masa lampau untuk mengisi waktu senggang selain bercengkrama di isi kegiatan melayangan.  Untuk melestarikan tradisi melayanan ini,  STT Dhananjaya Banjar Adat Dangin Peken, Desa Adat Intaran, Sanur Kauh  menyelenggarakan Lomba Layang-Layang Piala Dhananjaya 2, yang akan dilaksanakan pada tanggal 10- 11 agustus 2019 mendatang.  Hal tersebut disampaikan  oleh Ketua ST Dhananjaya Esa Wiraditya, Kelian  Banjar Adat Dangin Peken I Made Sunarta Meranggi ,  bersama dengan pengurus yang lainnya saat melakukan audiensi bersama Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Kantor Walikota Denpasar, Senin (10/6).

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmwijaya Mantra sangat mendukung dan mengapresiasi pewarisan budaya melalui  acara Lomba Layang – layang Piala Dhananjaya 2 yang di selenggarakan oleh  ST Dhananjaya Sanur ini. Pihaknya  berharap melalui di selenggarakan acara ini  dapat memupuk rasa kebersama di antara sekaa layangan se-Bali. Juga dikatakan bahwa, saat pelaksanaan acara ini nanti, agar lebih menjaga kebersihan lingkungan.

BACA :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lomba ini sebagai bentuk pelestarian permainan tradisional Bali sebagai bentuk penguatan budaya tradisional masyarakat Bali, tentunya dengan ikut menjaga lingkungan sekitar, jangan sampai buang sampah sembarangan, kita juga sudah memiliki area khusus merokok jadi itu harus dipatuhi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, I Wayan Surya Arianta mengatakan lomba ini  mengambil tema “Taksu” Piala Dhananjaya 2 hadir untuk mengembangkan kreatifitas, keterampilan, penuangan ide ide kreatif dalam tradisi melayangan ini suatu kesempatan bagi para rare angon untuk menciptakan daya pikat, pesona dan wibawa yang akan mereka tampilkan serta mempererat tali persaudaraan dalam system tim.Perlombaan ini juga memiliki beberapa katagori diantaranya Layangan Jenis Jangan, Janggan Buntut, Bebean, Bebean Khas Sanur, Pecukan dan kreasi.di samping itu ada juga lomba Pindek dan sunari.

Selain itu, juga dilaksanakan lomba foto dan video instagram dengan kriteria sesuai dengan tema, kreatifitas dalam sudut pengambilan, memiliki kejelian dalam motret peristiwa kemampuan merekam expresi dan suasana, mampu menunjukan sesuatu menakjubkan.

BACA :  Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Pemkot Gelar Safari Kesehatan Sasar Banjar-banjar

Lebih lanjut disampaikan untuk beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi, pendaftaran akan dilakukan secara online. “Harapan acara perlombaan layang-layang kami selenggarakan  bermaksud untuk tetap melestarikan warisan budaya  Bali dan menjalin persaudaraan antar sesama anggota St Dhananjaya dengan st lainya, selain itu, kami juga senantiasa menjaga lingkungan sekitar,” ungkapnya. Gus Humas Dps, (rls/bpn).

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular