Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNewsEdukasiLomba "Mebat" Lestarikan Tradisi Sembari Meriahkan Hut Kemerdekaan

Lomba “Mebat” Lestarikan Tradisi Sembari Meriahkan Hut Kemerdekaan

Karangasem, balipuspanews.com – Memeriahkan HUT RI ke-73, Kecamatan Karangasem gelar lomba maebat (memasak) yang diikuti 12 regu, 11 antaranya perwakilan dari Desa dan kelurahan se-Kecamatan Karangasem dan 1 perwakilan dari Bumdes bersama.

Lomba maebat ini berlagsung hari ini, Selasa (07/08) dimulai sekitar pukul 08.00 wita yang bertempat dihalaman kantor Camat Karangasem dijalan Sudirman, Amlapura. Para peserta ini diberikan waktu sekitar 4 jam untuk mengolah daging “dolong” (entok) menjadi berbagai menu masakan untuk kelengkapan megibung seperti lawar, sate pusut dan sate asem serta pepes.

Menurut Camat Karangasem, Cok Alit Surya Prabawa lomba maebat ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga melalui lomba ini mampu membangun semangat kebersamaan di antara seluruh stakeholder dikecamatan Karangasem,” ujarnya.

Panitia lomba maebat yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini secara khusus mendatangkan empat orang “Bilawa” atau kokinya masakan tradisional bali sebagai juri dalam lomba tersebut. Salah satunya adalah I Wayan Suparti asal Banjar Darma Darsana, Kelurahan Karangasem.

BACA :  Berikan Rasa Aman, Ketua DPRD Karangasem Dukung OPS Ketupat Agung 2024

Adapun beberapa poin yang akan dinilai oleh para dewan juri dalam lomba mebat ini seperti,  tampilan, ketepatan waktu memasak, kekompakan serta yang paling penting adalah rasa olahan yang dihasilkan.

Setelah serangkaian penilaian, dewan juri akhirnya memutuskan tim mebat perwakilan dari Desa Bugbug menjadi yang terbaik. Posisi kedua didapat Tim mebat perwakilan Kelurahan Karangasem dan juara ketiga diperoleh tim mebat dari Desa Tegallinggah. ( igs/bas)

 

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular