sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com — Kain endek tidak hanya bisa didesain untuk pakaian formal, tetapi bisa juga didesain kasual yang bisa digunakan sehari-hari ataupun untuk busana ke pesta . Hal ini terlihat dari lomba  peragaan busana pakaian berbahan kain endek yang dilaksnakan Dinas Perindudtrian  dan Pedagangan Kabupaten Buleleng untuk Memeriahkan Gelaran Buleleng Festival (Bulfest) Ke-VII Tahun 2019 ini, di Panggung Utama Kawasan tugu Singa Ambara Raja Singaraja, Kamis (8/8).

Nah, untuk lomba  peragaan busana ke pesta tahun ini diikuti sebanyak 41 pasangan yang terdiri dari masing-masing perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD), BUMD dan BUMD.

Lomba  yang menampilkan pakaian berbusana ke pesta dengan menggunakan. Bahan dasar kain Endek Khas Buleleng yang dikenakan oleh para peserta lomba sangat memukau para penonton yang hadir.  Kain Endek Merupakan salah satu ciri khas kain buatan hasil karya tangan, banyak digunakan oleh berbagai kalangan, bahkan juga digunakan sebagai seragam para pegawai dinas pemerintahan Daerah Buleleng dan juga pegawai Banda Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun Badan Usaha Milik Negara BUMN)

Selaku Ketua Panitia Lomba, Drs. Ketut Suparto, MMA Menjelaskan lomba  peragaan busana ini tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan produktivitas endek Buleleng. Sehingga, sejak awal di konsep dengan edukasi dan promosi. Dari segi edukasi, masyarakat bisa tahu bahwa endek ternyata tidak hanya untuk pakaian formal, tetapi bisa juga dibuat kasual yang bisa dipakai sehari-hari ataupun busana ke pesta.

“Maksud dari kegiatan untuk mengedukasi generasi muda mengenai endek, promosi melalui peragaan busana atau fashion show,” tuturnya.

Imbuh Kadis Suparto, lomba  peragaan busana ke pesta di gelar untuk memasyarakat penggunaan Kain Endek yang merupakan produk lokal khusus Kabupaten Buleleng sehingga akan dapat menggairahkan para pengerajin Kain Endek untuk berproduksi yang pada akhirnya akan dapat menggairahkan perekonomian di Kabupaten Buleleng.

“Kedepannya masyarakat mencintai Kain Endek khas Buleleng yang bergerak di sektor swasta dan di Pemerintahan maupun BUMN/BUMD didalam aktivitasnya menggunakan kain endek,” imbihnya

Masih kata Kadis Suparto, lomba  peragaan busana dengan menggunakan kain endek Khas Buleleng ini bertujuan untuk mempromosikan kain endek khas Buleleng,  Salah satunya dengan menyosialisasikan penggunaannya di masyarakat event-event seperti lomba  peragaan busana.

“Kita terus sosialisasikan, salah satunya lewat lomba  peragaan busana ini, indahnya kain endek jika dipakai busana resmi atau santai,” ungkapnya

Pada lomba fashion show tahun ini, juara pertama berhasil diraih Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, BRI Cabang Buleleng Berhasi meraih juara ke dua
Sedangkan untuk juara tiga diraih oleh BPJS Singaraja, Untuk harapan satu diraih oleh Disperkimta, Sekretariat Daerah Berhasil meraih harapan ke dua Dan harapan ke tiga berhasil diraih oleh RSUD Buleleng