Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Singaraja, balipuspanews.com — Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu yang menjadi duta Provinsi Bali berhasil meraih juara dua nasional atau Pakarti Utama II Lomba Pelaksana Terbaik PKK KB Kesehatan tahun 2018.

Prestasi ini didapatkan sesuai dengan surat keputusan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Nomor 16/KEP/PKK.Pst/VI/2018 tertanggal 25 Juni 2018.

Trofi dan penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Pusat, Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo pada serangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Kawasan Megamas, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/7).

Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Suradnyana saat mendampingi pemenang menjelaskan penghargaan ini menunjukkan bagaimana sinergitas antara PKK, program kesehatan dan program KB telah berjalan dengam baik di Kabupaten Buleleng khususnya Desa Sepang. Program Kesehatan dan Program KB tersebut digerakkan oleh TP PKK di desa.

“Hal ini menunjukkan sinergitas yang baik antara PKK dengan program kesehatan dan program KB. Dari dan untuk PKK,” jelasnya.

Dalam peringatan Harganas XXV tahun 2018, Kabupaten Buleleng mencoba bagaimana mengingatkan diri inti dari keluarga. Kekuatan terbesar berada dalam keluarga. Kekuatan tersebut dimulai dari bagaimana merencanakan keluarga, kapan saatnya menikah, kapan saatnya mulai mempunyai anak, dan jarak umur antar anak.

“Jadi, intinya bukan hanya melakukan program KB namun juga perencanaan keluarga. Itulah awal dari kekuatan keluarga,” ujar Aries Suradnyana.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Ny. Merta Mahardika mengungkapkan rasa syukurnya karena Desa Sepang berhasil meraih prestasi nasional. Persiapan yang sudah dilakukan dari Bulan Januari 2018 tidak menjadi sia-sia. Dimulai dari persiapan dan pembinaan-pembinaan untuk menghadapi lomba tingkat kabupaten, provinsi, dan tingkat nasional.

“Saya sangat bersyukur telah mencapai prestasi ini. Prestasi yang juga tidak terlepas dari peran masyarakat Desa Sepang,” ungkapnya.

Ny Merta Mahardika juga berharap dengan diterimanya penghargaan Pakarti Utama II Kategori Kabupaten ini menjadikan semua kegiatan yang ada di Desa Sepang menjadi lebih baik dan bagus. Sinergitas antara masyarakat dan juga pemerintah desa terjalin semakin erat karena tanpa adanya peran dari masyarakat, penghargaan ini tidak akan bisa diterima.

“Saya berharap semua kegiatan yang ada di Desa Sepang menjadi lebih baik kedepannya,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar...