Lomba PKTP, 2 Sekolah Duta Tabanan Dinilai Tim Provinsi

SMA Negeri 1 Selemadeg Barat dan SD Negeri 1 Selabih Kecamatan Selemadeg Barat dipercaya menjadi duta Tabanan dalam lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat provinsi
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Tabanan, balipuspanews.com – SMA Negeri 1 Selemadeg Barat dan SD Negeri 1 Selabih Kecamatan Selemadeg Barat dipercaya menjadi duta Tabanan dalam lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat provinsi.

Penilaian dilakukan oleh tim penilai provinsi Bali, Rabu (18/10) dan dipusatkan di SMA Negeri 1 Selemadeg Barat. Hadir dalam acara tersebut Ketua YKI Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tabanan I Ketut Subrata, Ketua DWP Tabanan Nyonya Putriningsih Wirna, Anggota YKI Tabanan, dan Tim Penilai Provinsi.

Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari PKTP program sekolah adalah untuk menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat dan menghindari kanker sedini mungkin, khususnya di lingkungan sekolah.

“Dengan PKTP ini akan tertanam pola hidup sehat serta muncul kesadaran untuk deteksi dini dan berperilaku hidup sehat dan menghindari kanker. Lomba ini juga bertujuan untuk penanggulangan masalah merokok, mengingat merokok berkaitan erat dengan kanker.” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan setelah menjadi juara I lomba PKTP program sekolah tingkat kabupaten Tabanan tahun 2017 sebagai duta YKI cabang Tabanan, sekolah yang terpilih akan mengikuti lomba PKTP program sekolah tingkat provinsi Bali. Sementara lokasi penyuluhan akan dilakukan di SMA Negeri 1 Selemadeg Barat.

“SMP Negeri 1 Selemadeg Barat dan SD Negeri 1 Selabih Kecamatan Selemadeg Barat adalah duta Tabanan di tingkat provinsi. Untuk lokasi penyuluhan kanker, simulasi, koor PKTP, administrasi kami siapkan di tempat ini. Sedangkan lingkungan sekolah dan kantin sekolah kami siapkan di masing-masing sekolah” ujarnya.

Adapun kegiatan yang telah dilakukan pihaknya antara lain pelayan IVA gratis, penyuluhan dan deteksi dini, PHBS, akibat rokok dan kanker payudara. Penyuluhan/sosialisasi dini kanker di 10 kecamatan telah dilaksanakan 24 agustus sampai dengan 13 september 2017 dengan sasaran masing-masing kecamatan sebanyak 100 orang terdiri dari siswa SD, SMP, SMA dan Kader PKK.

Bupati Tabanan dalam sambutan yang dibacakan I Ketut Subrata memberikan apresiasi atas kegiatan positif tersebut. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu pemerintah Tabanan dalam penanggulangan kanker, dengan berbagai upaya pencegahan melalui kegiatan deteksi dini, penyuluhan, dan kegiatan lainnya.

“Salah satu upaya penanggulangan kanker adalah melalui program sekolah pada siswa sekolah dengan memberikan informasi dan pengetahuan sedini mungkin serta selalu menerapkan perilaku hidup sehat,” ungkapnya

Ditambahkan, dirinya yakin bahwa YKI Tabanan akan mampu mewujudkan masyarakat Tabanan yang sehat.

“Kepada Ketua YKI Tabanan beserta seluruh jajarannya agar terus berbuat dengan mengupayakan masyarakat peduli kanker. Saya percaya bahwa YKI Tabanan akan mampu mewujudkan masyarakat Tabanan yang sehat,” imbuhnya.

Sementara Ketua YKI Bali Nyonya Ayu Pastika dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Ketua YKI Bali, Prof. Dr. Suardana mengatakan seperti tahun sebelumnya, tahun ini juga diselenggaakan lomba PKTP tingkat sekolah se-kabupaten/kota seluruh bali. Kegiatan Ini penting dalam rangka berkesinambungannya penanggulangan penyakit kanker di bali.

“YKI sebagai mitra pemerintah dalam penanggulangan penyakit kanker akan terus berkomitmen melaksanakan program PKTP sebagai program unggulan dalam upaya menekan angka kejadian penyakit kanker,” jelasnya

Dikatakannya, dari berbagai laporan menyatakan bahwa angka kejadian penyakit kanker terus meningkat setiap tahun, hal ini diakibatkan berbagai hal, salah satu penyebab utamanya adalah pola hidup masyarakat saat ini. Dirinya berharap kegiatan penanggulangan penyakit kanker tidak saja dilaksanakan pada saat lomba.

“Saya harap kegiatan ini agar dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan setiap saat atau dapat dilaksanakan pada saat hari-hari peringatan hari tertentu, seperti Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada Februari setiap tahunnya,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar...