Long Weekend, Warga Kodya Denpasar Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar,  I Gede Dewa Rai
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar,  I Gede Dewa Rai

DENPASAR, balipuspanews.com – Satgas Covid-19 Kota Denpasar menghimbau kepada seluruh warga Kota Madya Denpasar untuk mengurangi aktivitas di luar rumah saat libur Imlek dan long weekend.

Selain Kodya Denpasar masih dalam masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, kasus pandemi Covid-19 masih fluktuaktif di Ibukota Provinsi Bali ini.

Salain itu, masyarakat Denpasar dihimbau tidak melakukan perjalanan perjalanan baik di kota maupun ke luar kota yang bisa menimbulkan kerumunan baru.

“Kita ketahui bahwa penularan ini terjadi di klaster keluarga, klaster perjalanan dan ini bisa saling tukar menukar virus,” ungkap Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar,  I Gede Dewa Rai.

Dewa Rai menambahkan, bukan saja masyarakat Kota Denpasar, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Denpasar juga dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Baca Juga :  Lebihi Target, Gianyar Raih 4 Emas di Cabor Muaythai

“Pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran dari Kemenpan bahwa untuk ASN diminta untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota, termasuk kota Denpasar sudah sejak awal sejak pandemi dan sampai saat ini sudah berlaku,” ujarnya.

Dewa Rai yang juga selaku Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar mengungkapkan, untuk memantau ASN pihaknya menggunakan absensi online dari Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDSPM) Kota Denpasar.

“Jadi melalui absensi online ini bisa memantau keberadaan atau posisi ASN, kalau memang penting sekali, harus izin melalui atasan masing-masing instansi,” ucapnya.

Jika ditemukan, Dewa Rai mengatakan akan mendapat sanksi yang berlaku di peraturan perundang-undangan.

“ASN akan mendapat sanksi mulai dari sanksi peringatan, tertulis, sampai Sanki yang berat, jadi sudah ada peraturan yang mengatur Sanksi bagi ASN  mulai dari ringan, sedang, dan berat,” ucapnya.

Baca Juga :  Akhir Desember, Tiga Kamera ETLE di Badung Selesai dan Siap Beroperasi

Oleh karena itu, kata Dewa Rai, dalam libur ini diharapkan Warta Denpasar dan ASN Kodya tidak melakukan perjalanan perjalanan yang bisa menimbulkan kerumunan baru ataupun penyebaran Covid-19 ini.

Penulis : Gde Candra 

Editor : Oka Suryawan