Longsor di Desa Munduk, Jalan Utama Sempat Tak Bisa Dilewati

Material bebatuan yang meluber ke tengah jalan utama tepatnya di Banjar Dinas Taman, Desa Munduk, Kecamatan Banjar
Material bebatuan yang meluber ke tengah jalan utama tepatnya di Banjar Dinas Taman, Desa Munduk, Kecamatan Banjar

BULELENG, balipuspanews.com – Kejadian tanah longsor terjadi di jalan raya Banjar Dinas Taman, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng, pada Jumat (19/11/2021) sekitar pukul 16.30 WITA.

Kejadian itu diakibatkan tebing setinggi kurang lebih 4 meter tergerus air hujan yang turun sejak siang hari, hingga sempat membuat akses jalan utama macet beberapa saat.

Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng menyampaikan sebelumnya hujan deras terjadi di wilayah Desa Munduk hingga membuat salah satu tebing longsor dan membuat akses jalan utama desa tertutup tidak bisa dilewati selama beberapa saat usai kejadian.

“Disana kan banyak ada tebing-tebing seperti itu jadi tadi hujan deras dan air menggerus tebing hingga materialnya sampai ke tengah jalan utama,” imbuhnya saat dikonfirmasi usai kejadian tersebut.

Baca Juga :  Operasi Zebra Agung 2022 di Klungkung, Pelanggar Hanya Diberikan Teguran

Atas kejadian longsor tersebut pihaknya mengatakan jika tidak ada korban jiwa akibat longsor. Bahkan aksi cepat dilakukan timnya dibantu linmas, perbekel, serta masyarakat untuk melakukan pembersihan sementara agar akses jalan bisa dilewati.

Kemudian mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) itu telah berencana akan membersihkan material yang telah ditaruh dipinggir jalan pada Sabtu (20/11/2021) pagi.

“Kondisi saat ini jalan sudah bisa dilalui kendaraan, besok tinggal pembersihan material longsor yg di pinggir jalan,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan