22/09/2020, 1:08 AM
Beranda Bali Badung LPK Biwi Sky Tabanan MoU dengan SMK PGRI 1 Badung

LPK Biwi Sky Tabanan MoU dengan SMK PGRI 1 Badung

BADUNG, balipuspanews.com – SMK PGRI 1 Badung dipilih menjadi basecamp “Badung Jerman Center” oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Biwi Sky, Tabanan, setelah ditandatanganinya perjanjian memorandum of understanding (MoU), Jumat (15/5).

Owner BIWI Group, I.B Putu Astina, SH.,MH.,MBA.,CLA. mengatakan, ini merupakan peluang emas bagi sekolah yang dikenal dengan SKAGRISBA (SMK PGRI 1 Badung) khususnya dan masyarakat Badung pada umumnya. Pasalnya selama ini masyarakat tidak mudah untuk mendapatkan peluang magang di luar Jerman.

“Magang selama ini palingan hanya bisa di negara Korea dan Jepang. Untuk magang di Amerika Serikat agak sulit dan biayanya pasti mahal”, ungkapnya.

Astina menambahkan, negara Jerman sejak dulu sudah memiliki program kuliah gratis sambil magang atau ausbildung ini. Namun Negara Jerman hanya memprioritaskan kepada negara tertentu saja utamanya Negara Jerman sendiri.

Namun untuk saat ini, Jerman telah membuka pintu untuk pihak ketiga, salah satunya Indonesia untuk memberangkatkan masyarakatnya ke Jerman mengikuti program magang ini setelah sebelumnya LPK BIWI SKY sudah melakukan MoU dengan pemerintah Jerman.

“Jerman memberikan kuota per tahunnya sekitar 1000 sampai 2000 orang untuk bisa mengikuti program ausbildung ini, baik untuk Sektor Pariwisata, Perhotelan, Factory, Spa dan I-T, imbuh Astina yang juga dikenal sebagai seorang lawyer ini.

Disebut Astina, “Badung Jerman Center” di SMK PGRI 1 Badung ini kedepannya akan menjadi pusat untuk pelatihan utamanya bahasa Jerman sekitar 4 sampai 5 bulan setelah itu akan diurus visa dan diberangkatkan ke Jerman.

Dan bagusnya lagi, di Jerman nanti para peserta magang ini akan disediakan akomodasi dan uang saku sebanyak 1000 euro per bulan, dengan mengikuti magang selama 3 tahun bisa juga melanjutkan untuk jenjang Srata 1 (S1) di Jerman.

Sementara itu terkait dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19, sambung Astina, tidak menyurutkan program ini akan berjalan. Pasalnya pendidikan awal yang akan diberikan tetap akan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Dalam waktu dekat program ini akan berjalan, setidaknya tahun ajaran baru 2020/ 2021 SMK PGRI 1 Badung sudah menjalankan program ini bagi para siswanya,” pungkasnya.

Sementara itu ketua YPLP PGRI Kabupaten Badung, Dr. Drs. I Made Gde Putra Wijaya, SH., M.Si. sangat menyambut baik peluang emas yang diberikan LPK BIWI SKY dan menjadikan Skagrisba sebagai Badung Jerman Center.

“Kami berterima kasih atas kepercayaannya menjadikan sekolah PGRI 1 Badung sebagai pusat Jerman Center di kabupaten Badung,
ini satu-satunya di Badung, dan kesempatan langka,” tegas Putra Wijaya.

Pihaknya menyebut, sekolah memiliki tanggung jawab untuk setidaknya menyalurkan lulusannya bekerja, tidak hanya di dalam negeri namun juga ke luar negeri.

Untuk tahun ini SMK PGRI 1 Badung meluluskan sebanyak 329 orang. Jika saja 10% mengikuti program ini maka menjadi pelopor program magang ke Jerman. Sehingga akan menjadi kebanggaan bagi almamater SMK PGRI 1 Bandung.

Selaku ketua Yayasan, dirinya akan mensupport sekolah dan para siswa dalam menindaklanjuti program ini. Melihat Skagrisba juga yang sudah siap sadi segi fasilitas dan SDM yang ada sudah sangat memadai.

Hanya saja, sambung Putra Wijaya yang menjadi kendala saat ini adalah sejauh mana mindset para siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang pendidikannya maupun magang ke luar negeri.

Penulis/Editor : Budiarta/Artayasa

- Advertisement -

Sepintas Seperti WNA Mayat Tanpa Identitas, Gegerkan Warga Desa Penuktukan

BULELENG, balipuspanews.com - Penemuan sosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan di Pantai Palisan, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula sekitar pukul 06.00 Wita oleh seorang warga...

Turis Wanita Asal Ukraina Dijambret di Jalan Raya Semer, Pelaku Masih Dikejar Polisi

KUTA UTARA, balipuspanews.com - Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play