Pelatih LST latih siswa berenang secara gratis di Lembongan
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura, balipuspanews.com – Komunitas Lembongan Surf Team (LST) berkerja sama dengan sejumlah pihak memberikan bimbingan khusus berenang.

Ketua LST I Wayan Lena mengatakan, bimbingan berenang yang diberikan secara cuma-cuma kepada siswa SD I Jungutbatu. Selama seminggu lebih dari 30 siswa anak-anak diajarkan berenang pada Selasa dan Sabtu.

“Teknik dasar berenang yang benar diajarkan, poin pertama dalam menerapkan pembelajaran adalah rasa sentuhan kesenangan dulu. Selanjutnya bisa dijalankan. Kita mengajarkan mereka lebih dahulu rasa senang, maka selanjutnya lebih gampang memberikan materi. Malu jika anak pantai nggak bisa renang,” kata Lena.

Lena menyampaikan, tujuan kegiatan seperti ini memberikan materi tambahan di luar jam sekolah. Sisi lainnya, sebagai anak pulau ada sebuah kewajiban bisa berenang karena aktivitas sehari-hari agar terbiasa dengan pantai. Jika tidak diajarkan sejak dini, kemungkinan akan gagap melihat laut. Pendekatan sejak dini menggairahkan cinta mereka pada pantai.

“Siswa digembleng di kolam yang kita pinjam sebagai tempat latihan. Sela-sela kekosongan waktu pengelola wisata bahari kita mengisi kegiatan ini. Mudah-mudahan pemberian materi berenang bisa dimanfaatkan dengan baik kesempatan ini,” ujar dia.

Di tempat terpisah, Kepala UPT Disdik Kecamatan Nusa Penida I Komang Sumendra mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat berguna suatu saat nanti ketika nanti mereka sudah besar. Mengingat daerah Lembongan, khususnya Jungutbatu sebagai daerah pariwisata dan akrab dengan aktivitas bahari.

“Sejauh ini belum pernah kita mengirim atlet pada ajang Porsenijar Kabupaten. Mudah-mudahan itikat baik komunitas ini bisa melahirkan atlet renang di kemudian hari,” harap Sumendra. (Roni)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...