Selasa, April 16, 2024
BerandaKarangasemLuruskan Kabar Kamar Jenazah Overload, Ini Kata Direktur RSUD Karangasem

Luruskan Kabar Kamar Jenazah Overload, Ini Kata Direktur RSUD Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Direktur RSUD Karangasem, dr. Gede Yuliasena meluruskan informasi yang menyebutkan bahwa ruang jenazah RSUD Karangasem overload yang menyebabkan peti jenazah sampai ditaruh dilorong rumah sakit.

Ia menjelaskan, situasinya saat itu tidak seperti informasi yang beredar di media sosial, yang sebenarnya terjadi adalah petugas pemulasaran jenazah memang sengaja mengeluarkan beberapa peti jenazah dari ruangan, karena akan memandikan jenazah Covid-19.

“Saat petugas dengan APD lengkap memandikan jenasah Covid-19 itu, ada permintaan dari pihak keluarga agar jenasah bisa dimandikan serta menjalani ritual seperti orang meninggal pada umumnya sebelum dimasukkan kedalam peti. Oleh sebab itu, agar tempatnya lebih leluasa, empat peti dikeluarkan sementara sampai selesai memandikan, kemudian dimasukkan kembali kedalam ruangan,” jelas Yuliasena, Selasa (22/3/2022).

Ia menduga, kemungkinan saat peti jenazah tersebut dikeluarkan ada yang tanpa sengaja melihat dan mengambil foto kemudian di posting ke media sosial dikira ruang jenazah RSUD Karangasem penuh sampai menaruh peti jenazah di lorong rumah sakit.

BACA :  Disnaker Gianyar Gelar Job Fair Dan Bazzar TKM serangkaian HUT Kota Gianyar ke-253

Namun demikian, Yuliasena mengakui bahwa saat itu memang ada sekitar 14 jenazah di ruang jenazah RSUD Karangasem, hanya tidak sampai overload dan menaruh jenazah dilorong rumah sakit. Kebanyakan jenazah tersebut memang sengaja dititipkan oleh pihak keluarga karena menunggu hari baik untuk dikuburkan atau diaben.

“Jenazah bisa dari RSUD atau titipan dari luar RSUD. Sebagian sesuai adat budaya, menunggu hari baik atau mungkin ada halangan lainnya, tetapi hari ini sudah kosong, Jenazah yang sempat dititipkan sudah diambil pihak keluarga mulai kemarin dan hari ini juga ada,” tandas Yuliasena.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular