Jumat, Maret 29, 2024
BerandaGianyarMaestro Kendang Bali asal Puri Peliatan, Tjokorda Alit Hendrawan Berpulang

Maestro Kendang Bali asal Puri Peliatan, Tjokorda Alit Hendrawan Berpulang

GIANYAR, balipuspanews.com – Kabar duka menyelimuti bumi seni Gianyar, salah satu maestro seni Bali yakni Tjokorda Alit Hendrawan (79) asal Puri Peliatan, Kecamatan Ubud Gianyar meninggal dunia.

Beliau dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya di Ruang Wing RSUP Sanglah Denpasar pada, Sabtu (2/5/2020) sekitae pukul 21.00 Wita. Mendiang dikenal sebagai salah satu maestro kendang di Bali.

Orang dekat mendiang, I Wayan Wija mengungkapkan bahwa, mendiang meninggal Sabtu (2/5/2020) sekitar pukul 21.00 Wita, saat menjalani perawatan di ruang Wing RSUP Sanglah. Sebelum dirawat di sana, beliau sempat menjalani perawatan di dua rumah sakit swasta. Bahkan disebutkan sudah bulak-balik menjalani perawatan.

“Sering bolak-balik rumah sakit. Pertama masuk rumah sakit karena sesak napas, lalu tulang belakang beliau bergeser padahal tidak pernah jatuh, lalu ada juga komplikasi paru-paru. Usia beliau saat ini kalau tidak salah 79 tahun,” ujarnya.

Dilanjutkan Wija, layon atau jenazah mendiang akan dipulangkan pada 6 Mei 2020, dan akan dilakukan prosesi pemakaman mekingsan ring geni pada 8 Mei.

BACA :  Bappeda Gianyar Gelar Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025

“Informasinya tanggal 6 layon budal, tanggal 8 mekingsan ring gni. Untuk plebonnya menunggu situasi normal,” ungkapnya.

Kepergian mendiang telah mengguncang insan seni, satu di antaranya seniman asal Desa Padangtegal Ubud, I Nyoman Dayuh. Ia yang selama ini menimba ilmu pada mendiang, mengaku telah kehilangan sumber ilmu.

“Kita kehilangan sumber ilmu yang patut dilestarikan,” ujar Dayuh.

Menurut Dayuh, mendiang Tjokorda Alit Hendrawan merupakan tokoh seniman besar, yang selalu bersemangat membagikan ilmunya pada orang yang datang untuk belajar. “Beliau sosok seniman panutan, yang tidak pernah bosan membagikan ilmunya pada generasi muda,” kenangnya.(ctr/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular