Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaGianyarMahasiswa MPL Unud, Edukasi Siswa Kelola Sampah

Mahasiswa MPL Unud, Edukasi Siswa Kelola Sampah

GIANYAR, balipuspanews.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan edukasi anak sejak dini, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Udayana (BEM FH Unud) melaksanakan kegiatan Mahasiswa Peduli Lingkungan (MPL) dan Sekolah Mentari yang dilaksanakan di Desa Bona, Blahbatuh, Gianyar, belum lama ini.

Handika selaku Penanggung Jawab MPL, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program kerja membantu masyarakat untuk melestarikan lingkungan, kami sebagai mahasiswa mengajak adik-adik semua untuk ikut turut andil dalam aksi nyata plogging atau memungut sampah sambil jogging.

Sementara untuk Sekolah Mentari setelah ini akan ada penyuluhan mengenai pengelolaan sampah, agar adik-adik sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan nantinya di Sekolah Mentari juga terdapat games yang seru.

Di tahun ini, kegiatan MPL dan Sekolah Mentari yang merupakan rangkaian dari kegiatan Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan diadakan secara bersamaan yang dibuka oleh Perwakilan Perbekel Desa Bona.

Turut dihadiri pula oleh perwakilan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Hindu 1 Bona, Kepala SDN 3 Bona, perwakilan Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Hindu Negeri Tunas Wangi, Wali Kelas 4 SDN Hindu 1 Bona, Wali Kelas 5 SDN Hindu 1 Bona, Perwakilan Wali Kelas 4 SDN 3 Bona, dan Wali Kelas 5 SDN 3 Bona.

BACA :  Gelaran MotoGP kembali Hadir, Dapatkan Tiket di Aplikasi MyPertamina

Kegiatan ini mengusung konsep 3M (Mengabdi, Mengajar dan Menghibur). Konsep 3M disampaikan melalui materi Penyuluhan mengenai pemilahan jenis-jenis sampah kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD). Kemudian dipraktekkan dalam plogging dan dilanjutkan dengan games yang menghibur siswa SD.

Peserta dari Mahasiswa Peduli Lingkungan dan Sekolah Mentari yaitu siswa-siswi kelas 4-5 dari SDN Hindu 1 dan SDN 3 Bona. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Hindu Negeri Tunas Wangi Bona dengan harapan dapat memberi pengajaran yang bermanfaat dan juga menghibur para siswa di tengah rutinitas sekolah yang padat.

Fungsionaris Lembaga Mahasiswa FH Unud pun ikut andil menjadi relawan yang mengisi acara tersebut, diikuti dengan panitia Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan 2023 yang menjadi fasilitatornya.

“Kami berharap program ini bisa berlanjut dari tahun ke-tahun dan bisa memberikan suatu manfaat, terutama menanamkan rasa peduli lingkungan yaitu pengelolaan sampah.

Walaupun disekolah sudah diberikan pengetahuan mengenai sampah tetapi mungkin dari mahasiswa bisa memberikan lebih kepada adik-adik untuk melengkapi,” ujar I Wayan Balik Astawa, S.Pd selaku Kepala SDN 3 Bona.

BACA :  Diduga Terlilit Tali Layangan, Helikopter Jatuh di Desa Pecatu

Sumber: www.unud.ac.id-fh-Mahasiswa MPL Unud, Edukasi Siswa Kelola Sampah

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular