Malam Minggu Belasan Pelanggar Prokes Ditindak

Petugas gabungan melakukan operasi Prokes di kelurahan Gilimanuk, Sabtu (16/01/2021) malam ada belasan warga yang ditemukan melanggar
Petugas gabungan melakukan operasi Prokes di kelurahan Gilimanuk, Sabtu (16/01/2021) malam ada belasan warga yang ditemukan melanggar

NEGARA, balipuspanews.com – Penerapan Protokol kesehatan (Prokes) untuk menekan penularan virus covid-19 masih juga diabaikan masyarakat. Terbukti saat petugas gabungan melakukan operasi Prokes di kelurahan Gilimanuk, Sabtu (16/01/2021) malam ada belasan warga yang ditemukan melanggar.

Petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Trantib dan Linmas kelurahan Gilimanuk, Satgas Gotong Royong dan Pecalang, mulai bergerak pukul 20.00 WITA. Sasarannya yakni lokasi nongkrong atau ngumpul-ngumpul warga dan tempat hiburan malam.

Sasaran pertama adalah lapangan umum Gilimanuk. Saat petugas datang ditemukan anak-anak muda sedang berkumpul dan tanpa memakai masker.

Mereka kemudian dikumpulkan dan diberikan sanksi push up lalu diberikan pengarahan agar selalu menganakan masker dan tidak berkerumun karena penularan virus corona di Jembrana semakin tinggi, ada juga masyarakat yang ditemukan sedang berbelanja tidak memakai masker.

Oleh petugas mereka diberikan masker dan dibina agar selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dan menghindari kerumunan.

Operasi Yustisi Gabungan Penegakan Disiplin Prokes dalam rangka Penertiban, Edukasi dan himbauan Pendisiplinan masyarakat mengacu pada Pergub. No 46 Tahun 2020 dan Perbup. No. 36 Tahun 2020 guna Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19 ini kemudian dilanjutkan ke teluk Gilimanuk atau waterbee. Di obyek wisata itu ditemukan 7 anak muda sedang nongkrong tanpa memakai masker.

Mereka juga diberikan sanksi push up dan pembinaan serta masker untuk dipakai. Selain itu Tim Gabungan juga menyasar tempat hiburan malam atau kafe-kafe yang ada di Kelurahan Gilimanuk.

Di tempat hiburan itu ditemukan pelayan kafe yang sedang menunggu tamu tanpa memakai masker. Oleh pertugas mereka lalu diberikan masker dan diminta untuk selalu menerapkan prokes.

Terakhir Tim Gabungan menyasar obyek wisata karang sewu. Di jalan menuju karang sewu ditemukan warga yang sedang berkumpul di warung dan pos kamling tanpa memakai masker. Nereka juga ditegur dan diminta agar tetap menerapkan prokes.

“Operasi ini kita lakukan guna menyadarkan masyarakat agar mereka selalu menerapkan prokes mengingat angka penularan virus covid-19 masih tinggi,” ujar Kasi Trantib Kelurahan Gilimanuk Hendro Rafianto Wibowo.

Panit l Binmas Polsek Kawasan Laut Gilimanuk lptu Nengah Armika, menambahkan operasi Prokes ini akan rutin dilakukan. Selain di tempat yang sering dijadikan tempat berkumpul masyarakat juga dilakukan di pasar.

Penulis : Anom Suardana 

Editor : Oka Suryawan