Selasa, Februari 27, 2024
BerandaAdvertorialManfaat JKN-KIS Dirasakan Ibu Rumah Tangga di Karangasem

Manfaat JKN-KIS Dirasakan Ibu Rumah Tangga di Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat dirasakan ibu rumah tangga dari Subagan Karangasem,  Jro Ni Nengah Suriani,55,.

Ibu paruh baya ini mengidap hipertensi dan menjalani pengobatan rutin di salah satu Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan yang telah ditunjuknya dengan memanfaatkan jaminan dari JKN-KIS.

Di awali mual dan pusing hingga sempoyongan, Suri begitu panggilannya diajak oleh keluarganya untuk memeriksakan diri ke faskes tempatnya terdaftar.

Setelah menjalani pemeriksaan, dokter yang memeriksa menyatakan bahwa ia mengidap hipertensi sehingga harus rutin mengonsumsi obat hipertensi yang akan diberikan rutin setiap bulan oleh faskes tersebut.

“Dokter megatakan syukur saya cepat dibawa ke sana dan mendapatkan pengobatan, karena jika tidak, mungkin akan berbahaya karena tekanan darah saya harus tetap terkontrol dengan baik,” jelas Suri.

Semenjak saat itu, ia pun mulai mengatur pola hidupnya sesuai dengan anjuran dari dokter yang merawatnya. Setiap bulan ia melakukan pemeriksaan dan mengambil obat di faskes dokter tersebut.

BACA :  Kemen PPPA Dorong Perusahaan Miliki Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan

Kemudian untuk aktivitas sehari-hari, ia hanya di rumah sebagai ibu rumah tangga dan menghindari kegiatan yang membuatnya menjadi lelah.

“Dokter menyarankan saya untuk mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan menghindari beban pikiran, saya sangat merasa bersyukur mendapatkan pelayanan yang sangat baik menggunakan JKN-KIS ini,” lanjut Suri.

Suri terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau pekerja mandiri kelas 2 dengan iuran perbulannya Rp100.000,- perjiwa.

Menurutnya manfaat yang ia dapat dari Program JKN-KIS ini bahkan lebih dari iuran yang ia bayarkan setiap bulannya. Hal itu yang membuatnya begitu bersyukur memiliki JKN-KIS ini.

“Memang saya memiliki JKN-KIS untuk berjaga-jaga karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan, ketika saya ternyata sakit seperti saat ini, saya tidak perlu memikirkan biaya pengobatan lagi karena sudah dijamin penuh Program JKN-KIS,” tutup Suri mengakhiri pembicaraan.

Penulis : Gde Candra
Editor : Oka Suryawan

 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular