Nangka merupakan jenis buah yang memiliki kulit buah berduri serta memiliki aroma buah yang sangat wangi.
Nangka merupakan jenis buah yang memiliki kulit buah berduri serta memiliki aroma buah yang sangat wangi.
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

KESEHATAN, balipuspanews.com – Nangka merupakan jenis buah yang memiliki kulit buah berduri serta memiliki aroma buah yang sangat wangi. Buah ini banyak digemari karena memiliki rasa yang cukup manis. Di samping rasanya yang manis, buah nangka juga mampu mencegah beberapa penyakit berbahaya.

Berikut adalah beberapa manfaat nangka yang harus anda tahu.Manfaat Buah Nangka bagi Tubuh, sebelum anda mengetahui, manfaat buah nangka, perlu diketahui bahwa manfaat nangka yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan thiamin, riboflavin, kalium, kalsium, zat besi, niasin, serta vitamin A dan C. Selain itu, buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung.Berikut adalah beberapa manfaat nangka yang bisa Anda dapatkan, di antaranya

1. Kanker

Manfaat nangka yang pertama adalah kemampuannya mengatasi kanker. Penyakit kanker sebenarnya bisa diobati hanya dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin. Hal ini dikarenakan buah nangka memiliki banyak antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien yang mampu mencegah stres oksidatif penyebab timbulnya sel kanker.Selain itu, vitamin C yang terkandung pada nangka juga mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, membuat nangka menjadi makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

manfaat nangka penting lainnya adalah menjaga kepadatan tulang. Tulang sangat penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak muncul masalah seperti tulang keropos. Pada umumnya, banyak orang menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium.Namun, kalsium tidak hanya didapatkan dari susu, buah nangka juga mengandung kalsium yang jumlahnya lebih banyak serta mengandung vitamin C yang membantu menyerap lebih banyak kalsium. Oleh karenanya, tulang Anda akan menjadi lebih padat dan terhindar dari masalah tulang keropos.Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Karenanya mengonsumsi nangka setiap hari akan membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthritis. Kandungan potasium dalam buah nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuatSementara itu, kandungan magnesium pada buah nangka memiliki fungsi untuk menguatkan tulang dan memberi asupan makanan pada tulang. Magnesium berfungsi dalam penyerapan kalsium dan inilah yang membuat tulang tidak mudah keropos.

3. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah dalam tubuh haruslah stabil. Sebab, jika tekanan darah terlalu tinggi akan menimbulkan penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung , stroke, dan lainnya. Begitu pula dengan kondisi tekanan darah yang terlalu rendah juga tidak akan baik untuk kesehatan Anda. Guna mengatasi tekanan darah yang tidak stabil itu, karenanya Anda harus mendapatkan manfaat nangka.

Manfaat buah nangka dipercaya menjaga tekanan darah agar tetap stabilHal ini dikarenakan buah nangka mengandung potassium yang mengatur kadar natrium, sehingga membantu mempertahankan kenaikan tekanan darah. Potasium merupakan senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh.Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah nangka agar peredaran darah Anda tetap teratur. Perlu diketahui, manfaat nangka tidak hanya terbatas hanya di dagingnya saja. Ternyata daunnya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, daun nangka memiliki kandungan tertentu yang bisa mengurangi kadar gula darah.

4. Mencegah anemia

saat tubuh kekurangan darah merah atau anemia, maka Anda akan merasa lemas dan letih yang membuat Anda enggan untuk melakukan banyak aktivitas. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mendapatkan manfaat buah nangka guna mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh5. Baik untuk ibu hamil.

Banyak orang yang beranggapan bahwa buah nangka sebaiknya dihindari Ibu hamil karena bisa membuat keguguran. Namun, anggapan ini hanya mitos belaka dan belum ditemukan bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan tersebut. Nangka memiliki kandungan kaya akan vitamin B3 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur hormon dan mengendalikan tingkat stres pada ibu hamil.

6. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Buah nangka mengandung kalium yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 di dalam buah nangka akan membantu Anda mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.Selain itu, buah nangka juga mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, iskemia, dan hipertensi

7. Meningkatkan sistem imunitas

Karena kandungan vitamin C dalam jumlah yang tinggi dan antioksidan, manfaat nangka yang bisa didapatkan tubuh adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Perpaduan antara vitamin C dan antioksidan memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi.

8. Membantu mengontrol diabetes

Dengan kandungan beberapa vitamin dan mineral, manfaat nangka yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko komplikasi diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan, pasien diabetes yang diberi ekstrak diabetes telah memperbaiki toleransi glukosa dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ekstrak.

9. Memperbaiki sistem pencernaan

Manfaat nangka lainnya yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan seratnya. Nangka mengandung banyak serat yang sangat diperlukan untuk memperlancar sistem pencernaan seperti sembelit. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya juga berfungsi untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal itu tentu akan mengurangi porsi makan Anda.Selain itu, sebagian besar buah ini mengandung karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet

10. Menjaga fungsi penglihatan

Manfaat nangka selanjutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Buah nangka mengandung banyak nutrisi yang mendukung kesehatan mata seperti beta-karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin.Beta-karoten disintesis oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A. Vitamin A sendiri sangat penting untuk penglihatan mata mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.

Sementara itu, kandungan lutein dan zeaxanthin adalah satu-satunya karotenoid yang tersimpan dalam jumlah tinggi di retina di mana mereka menyaring cahaya berbahaya dan melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar mata. Pada akhirnya, manfaat buah nangka yang bisa Anda peroleh adalah mengurangi risiko glaukoma, degenerasi makula dan katarak.

11. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat nangka yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya menjaga kondisi kulit tetap baik. Pada umumnya, banyak orang melakukan perawatan kulit dari luar, padahal perawatan dari dalam juga diperlukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi nangka.Kandungan antioksidan yang dimiliki nangka mampu memerangi radikal bebas penyebab penuaan kulit sehingga kulit pun terlindungi dari ancaman keriput.

12. Memelihara sistem pernapasan

Manfaat buah nangka yang terakhir adalah mengurangi terjadinya alergi serta gejala-gejala kesulitan bernapas. Senyawa-senyawa alami yang ada di buah nangka dipercaya mampu meredakan gejala asma. Tak ada salahnya, saat gejala asma menyerang Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi nangka.Nah, itulah beberapa manfaat nangka yang berguna untuk kesehatan tubuh. Perlu diketahui, selain daging buah dan daunnya, nyatanya biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan.Jika Anda salah satu orang yang perlu mengatur kadar glukosa darah, maka Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi biji nangka. Pasalnya, biji nangka merupakan sumber pati serat makanan yang baik.Caranya, biji nangka direbus kemudian ditambahkan beberapa bumbu sederhana. Biji nangka dapat dijadikan salah satu makanan yang mengandung kadar glikemik yang rendah. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah adalah makanan yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan. (rls/bpn/tim)

Advertisement
Loading...

Tinggalkan Komentar...