Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) periode 2012-2015, Dr. Zaenal Abidin, SH, MH,
Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) periode 2012-2015, Dr. Zaenal Abidin, SH, MH,

JAKARTA, balipuspanews.com – Kondisi cuaca tak menentu saat ini udara panas menyengat dan kadang turun hujan disertai angin membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) periode 2012-2015, Dr. Zaenal Abidin, SH, MH, menyampaikan bahwa kondisi seperti ini masyarakat perlu mewaspadai penyakit yang akan muncul seperti flu, infeksi saluran napas, gangguan pencernaan, sakit sendi, gatal-gatal, dehidrasi dan panas dalam. Selain itu yang juga perlu di waspadai adalah demam berdarah.

Menurut Dr. Zaenal, jangan pernah menganggap remeh penyakit-penyakit itu karena bisa mengganggu dan menghambat aktivitas.

“Masyarakat harus waspadai kondisi ini, karena berdampak tidak baik bagi kesehatan, tubuh akan merasa lemas, badan pegal, dan sederet masalah kesehatan lainnya. Dalam kondisi ekstrem, penyakit-penyakit itu bisa berdampak serius bagi kesehatan kita,” ungkap pria kelahiran Soppeng, Sulawesi Selatan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (22/11).

Lebih lanjut Dr. Zaenal Abidin yang juga mantan anggota DJSN menyarankan agar masyarakat mengkonsumsi banyak makan sayuran, minum air putih yang cukup dan meminum vitamin agar stamina tetap prima.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem dan dampak gangguan kesehatan yang kemungkinan terjadi seiring masuknya pancaroba. (Ivan/BPN/Tim).